Find Us On Social Media :

MediaTek Umumkan T830 yang Mudahkan Membuat CPE 5G Berkinerja Tinggi

By Cakrawala, Selasa, 23 Agustus 2022 | 23:00 WIB

MediaTek memperkenalkan platform 5G barunya yang disebut dengan T830. MediaTek T830 diklaim memudahkan pelanggan dalam membuat CPE 5G berkinerja tinggi.

MediaTek beberapa waktu lalu di Taiwan memperkenalkan platform 5G barunya yang disebut dengan T830. MediaTek T830 ditujukan untuk CPE (customer premises equipment) 5G. Dengan kata lain, MediaTek T830 ditujukan untuk menenagai aneka perangkat 5G yang dipasang di rumah atau bangunan tempat tinggal pengguna yang menjadi penghubung dengan jaringan telekomunikasi penyedia layanan. MediaTek menyebutkan T830 cocok untuk ruter FWA (fixed wireless access) maupun mobile hotspot. MediaTek mengeklaim T830 memudahkan penyedia layanan internet untuk menghadirkan layanan internet berkecepatan tinggi ke rumah dan bangunan lain berhubung tidak mesti menarik kabel ke sana.

MediaTek mengatakan bahwa T830 merupakan platform yang sangat terintegrasi, hemat daya, dan juga ringkas. MediaTek menegaskan bahwa T830 bisa mengurangi biaya dan waktu yang diperlukan pembuat CPE dalam mengembangkan CPE berkinerja tinggi, hemat daya, dan hemat tempat. Dengan CPE berukuran ringkas, masyarakat yang menggunakannya pun bisa dengan mudah memasangnya sendiri. Selain itu, platform yang mendukung frekuensi sub-6 GHz dan menggunakan technology node kelas 4 nm ini menawarkan 5G dengan kecepatan sampai 7 Gbps secara langsung (out of the box).

“Sebagai pemimpin dalam solusi 5G CPE, MediaTek bekerja sama dengan operator Tier-1 di seluruh dunia untuk menghadirkan konektivitas yang cepat dan andal bagi consumer dan bisnis,” kata JC Hsu (Corporate Vice President and General Manager MediaTek pada unit bisnis komunikasi nirkabel). “Platform yang sangat terintegrasi ini mewakili kemajuan terkini dari konektivitas 5G dan Wi-Fi serta memungkinkan pelanggan kami membangun produk 5G CPE multigigabit berkinerja sangat tinggi dalam ukuran sekecil mungkin," tambahnya.

Merupakan SoC, MediaTek T830 mengandung antara lain CPU dengan quad core Arm Cortex-A55, modem 5G MediaTek M80, sub-6 GHz RF transceiver, GNSS receiver, NPU (Network Processing Unit), Wi-Fi offload engine, 3D GPU plus display driver, dan PMIC (power managemet integrated circuit). MediaTek menjelaskan bahwa Wi-Fi offload engine memungkinkan kecepatan perutean muligigabit antara seluler dengan Wi-Fi atau Ethernet tanpa melibatkan CPU. Sementara, untuk Wi-Fi, MediaTek T830 bisa dipasangkan dengan lini MediaTek Filogic. Jadi, pelanggan MediaTek bisa memilih kemampuan Wi-Fi yang cocok untuk CPE yang akan dibuatnya.

Adapun untuk ketersediaanya di dunia, MediaTek tidak menyebutkan secara spesifik perihal ketersediaan T830. Begitu pula perihal operator yang menggunakan MediaTek T830 tersebut; tidak disebutkan secara spesifik.