Saat ini Xiaomi menjadi salah satu vendor smartphone besar di dunia. Sayangnya, permintaan smartphone Xiaomi anjlok pada kuartal II tahun ini.
Permintaan smartphone Xiaomi yang lemah di seluruh dunia ikut menggerus labar bersih Xiaomi anjlok 83 persen menjadi 204 juta dollar AS. Pencapaian itu jauh lebih rendah dibanding prediksi Xiaomi sendiri. Pendapatan bisnis smartphone Xiaomi juga turun 20 persen menjadi 10,3 miliar dollar AS seperti dikutip Gizchina.
Dalam laporan keuangan kuartal II-2022, Xiaomi mengungkapkan jumlah pengguna HP Xiaomi berdasarkan pengguna aktif bulanan antarmuka (user interface) MIUI mencapai 547 per bulan di dunia pada Juni 2022, meningkat berkat penambahan 17,8 juta pengguna aktif bulanan baru MIUI di seluruh dunia pada kuartal II-2022.
Sebagai perbandingan, jumlah pengguna aktif MIUI lebih dari 500 juta di dunia pada tahun lalu. Jika dibongkar, jumlah pengguna aktif MIUI di China mencapai 140,2 juta pada kuartal II-2022. Xiaomi sendiri mengungkapkan pengguna aktif bulanan MIUI melampaui 100 juta pada Agustus 2015.
Pendapatan iklan Xiaomi di China hanya naik 0,6 persen pada kuartal ini dibanding kuartal yang sama tahun lalu. Melesunya pendapatan iklan Xiaomi itu disebabkan oleh penurunan pendapatan iklan pra-instal domestik dan jumlah pengiriman ponsel yang fluktuatif.
Sebaliknya, pendapatan iklan Xiaomi di dunia pada kuartal II-2022 naik lebih dari 50 persen dibanding kuartal yang sama pada tahun lalu. Kenaikan pendapatan iklan itu disebabkan ekspansi masif Xiaomi di beberapa negara dan fokus peningkatan layanan konten perusahaan.