Find Us On Social Media :

Razer Basilisk X Hyperspeed, Mouse Gaming Nirkabel Premium Terjangkau

By Dayu Akbar, Rabu, 31 Agustus 2022 | 19:05 WIB

Razer memiliki banyak varian mouse gaming nirkabel dan salah satu yang menarik adalah Razer Basilisk X Hyperspeed. Sebagai mouse nirkabel, seri ini memiliki sensor optik canggih Razer 5G yang menawarkan tingkat presisi tinggi dan pergerakan lancar tanpa lag.Konektivitas nirkabel yang diusungnya memiliki dua pilihan mode yaitu bluetooth Bluetooth LE dan RF 2.4 GHz. Untuk berpindah mode, Anda tinggal menggeser switch yang terletak di bagian bawah mouse. Posisi switch ke tengah berguna untuk mematikan fungsi agar konsumsi baterai lebih irit.Mouse ini juga memiliki mode hemat daya. Jadi jika Anda tdak menggunakannya dalam beberapa waktu, maka konsumsi daya akan rendah.

Keduanya menawarkan keunggulan masing-masing, jika Anda pilih mengaktifkan Bluetooth LE maka tinggal melakukan pairing dengan laptop atau PC. Keunggulannya, Anda tidak membutuhkan dongle yang terpasang pada port USB. Sementara pilihan RF 2,4 GHz dibutuhkan dongle bawaan yang bisa dipasang pada port USB type-A dan Anda tidak perlu repot-repot melakukan pairing lagi. Dongle bawaan sudah tersedia dan tersimpan dalam bodi mouse yang bersebelahan dengan tempat baterai.Mouse ini hanya menggunakan daya dari satu baterai AA yang diklaim mampu bertahan hingga penggunaan 450 jam menggunakan Bluetooth LE. Dan jika daya habis, tentu saja Anda mesti menggantinya dengan yang baru. Jika saja versi ini menggunakan baterai internal yang bisa diisi ulang tentu akan lebih praktis.

Razer Basilisk X Hyperspeed hadir dengan dimensi berukuran sedang sehingga nyaman digunakan bagi pengguna dengan tanag berukuran besar sekalipun. Sisi kirinya terdapat ceruk yang nyaman bagi posisi ibu jari. Namun hal ini membuatnya hanya bisa digunakan bagi pengguna dengan tangan kanan saja, tidak bagi pengguna kidal.

Razer Basilisk X Hyperspeed tidak memiliki pencahayaan RGB. Bahkan logo Razer di bodi juga tidak memiliki pencahayaan seperti pada seri lainnya. Minimnya pencahayaan ini juga membuat konsumsi daya lebih hemat sehingga daya tahan baterai lebih lama.Namun terdapat satu pencahayaan di bagian atas, tepatnya pada tombol di dekat scroll wheel. Pencahayaan pada tombol tersebut merupakan lampu indikator yang memiliki beberapa warna sebagai penanda.

Misalnya, warna hijau berkedip saat Anda mengaktifkan mode Bluetooth LE dan ketika melakukan pairing. Warna biru akan berkedip saat mengaktifkan mode RF 2,4 GHz. Sementara jika baterai berada pada level kurang dari 5%, maka warna akan berubah menjadi merah.Secara keseluruhan terdapat enam tombol yang terdiri dari klik kiri dan kanan, scroll wheel, tombol pengatur tingkat sensitivitas, dan dua tombol di sisi kiri. Mouse ini menggunakan jenis clicky sehingga akan terasa bunyi klik saat ditekan.

Menariknya, Anda bisa mengganti fungsi dari tombol-tombol tersebut dengan fungsi lain yang ditawarkan melalui software Razer Synapse. Software ini juga kompatibel dengan perangkat keluar Razer lainnya.

Jika Anda telah memasang Razer Synapse, setiap perpindahan tingkat sensitivitas, akan tampil notifikasi pada Windows di sisi kiri bawah. Pilihan tingkat sensitivitas yang didukungnya mulai dari pilihan 800 dpi, 1.800 dpi, 3.600 dpi, 7.200 dpi, dan 16.000 dpi.Razer Basilisk X Hyperspeed dijual dengan harga resmi Rp1.175.000.