Find Us On Social Media :

Smartphone TECNO SPARK 9T Resmi Meluncur di Tanah Air, Harganya?

By Cakrawala, Selasa, 6 September 2022 | 10:00 WIB

Setelah menyampaikan kesiapan menghadirkan SPARK 9T di Indonesia, TECNO resmi meluncurkan smartphone tersebut di tanah air. Hadir dengan aneka fasilitas, TECNO SPARK 9T ditawarkan dengan harga khusus pada masa awal ketersediannya.

Beberapa waktu lalu; TECNO menyampaikan akan menghadirkan smartphone barunya, SPARK 9T, di Indonesia; seperti yang InfoKomputer tuliskan di sini. Kemarin, di Jakarta, TECNO mengumumkan secara resmi peluncuran SPARK 9T tersebut di tanah air. Bisa dibeli secara eksklusif di Shopee, smartphone entry-level itu ditawarkan dengan diskon khusus selama masa pre-order. TECNO SPARK 9T sendiri hadir dengan aneka fasilitas, seperti kamera depan yang bisa mengambil swafoto dalam gelap dan layar dengan refresh rate tinggi, yang diklaim membuatnya bisa menjawab kebutuhan kawula muda tanah air dalam membuat dan menikmati konten.

“Kami berkomitmen menghadirkan inovasi melalui TECNO SPARK 9T dengan meningkatkan kualitas kamera swafoto low light dengan harga yang kompetitif di kelasnya. Melalui TECNO SPARK 9T, kami ingin mendukung dan meningkatkan kreativitas anak muda dalam bidang fotografi dan pembuatan konten media sosial sehingga dapat mengabadikan momen terbaik kapan pun dan di mana pun tanpa khawatir kualitas foto yang dihasilkan,” ujar Paul Pan (Country Manager TECNO Indonesia).

TECNO menambahkan bahwa menurut laporan Digital 2022 Indonesia dari Simon Kemp - Kepios, pengguna media sosial di Indonesia mencapai 191,4 juta. Jumlah tersebut bertambah 12,6% dari tahun 2021 dan menunjukkan sebagian besar penduduk Indonesia menggunakan media sosial sebagai media interaksi dan berbagi momen, seperti foto maupun video. Sejalan dengan itu, FAS (Famous Allstars) memperkirakan nilai pasar kreator konten tanah air akan terus meningkat setiap tahunnya. FAS memprediksikan nilai pasar kreator konten Indonesia akan mencapai Rp4 triliun sampai Rp7 triliun dan berpotensi meningkat sampai lima kali lipat pada tahun 2027.

“Kami menyadari perkembangan media sosial mendorong anak muda Indonesia mulai tergerak untuk menjadi content creator dengan hasil tangkapan ponsel yang lebih profesional. Kami melihat bahwa media sosial menjadi hal yang lekat dengan kehidupan anak muda, sehingga hadirnya TECNO SPARK 9T membuat kami optimis untuk memenuhi kebutuhan anak muda Indonesia sehingga semua anak muda Indonesia bisa menjadi seorang content creator di media sosialnya masing-masing,” sebut Paul Pan lagi.

TECNO SPARK 9T hadir dengan kamera depan beresolusi 32 MP. Menggunakan teknologi 4in1 big pixel, kamera swafoto TECNO SPARK 9T secara default akan menghasilkan gambar dengan resolusi 8 MP. Pasalnya 4 piksel yang berdekatan akan dikombinasikan membentuk 1 piksel (lebih) besar. Metode seperti ini biasanya menghasilkan gambar yang lebih bagus, seperti halnya noise yang lebih rendah, dibandingkan menggunakan keempat piksel itu secara tersendiri. Hal tersebut tentu membantu tema yang diusung TECNO untuk SPARK 9T, yakni "Sempurnakan Selfiemu Dalam Gelap". Selain itu, kamera depan TECNO SPARK 9T dilengkapi pula dengan lampu kilat ganda.Sementara, untuk layarnya, TECNO SPARK 9T hadir dengan layar yang mempunyai refresh rate 90 Hz; lebih tinggi dari 60 Hz yang masih menjadi standar sampai saat ini. Layar ber-refresh rate 90 Hz sewajarnya bisa membuat TECNO SPARK 9T menghadirkan tampilan yang memiliki gerakan mulus, misalnya saat menggeser tampilan ke atas dan ke bawah. Ukuran diagonal dari layar TECNO SPARK 9T adalah 6,56 inci dan resolusinya adalah HD+. Terdapat notch yang disebut dot notch pada sisi atas layar tersebut untuk mengakomodasi kamera depan. TECNO pun mengeklaim layar SPARK 9T membolehkan pengguna untuk menikmati konten secara nyaman.

Adapun yang menenagai TECNO SPARK 9T adalah SoC MediaTek Helio G37 yang ditemani memori utama 4 GB dan media simpan 64 GB. Terdapat fitur untuk menambah kapasitas memori utama secara virtual sebanyak sampai 3 GB dengan mengambil sejumlah ruang simpan dari media simpan. TECNO SPARK 9T dilengkapi pula dengan tiga kamera belakang, yakni kamera utama 13 MP, kamera kedalaman untuk bokeh, dan kamera untuk AI. Baterainya sendiri berkapasitas 5.000 mAh, sedangkan sistem operasinya adalah Android 12.

Terdapat tiga pilihan warna TECNO SPARK 9T di tanah air, yaitu Burano Blue, Quantum Black, dan Particle Silver. Desain bodinya disebut dengan iconic design yang merujuk pada bentuk sisinya yang mendatar plus terlihat elegan dan tangguh. Tentunya keempat sudut paling ujung bodi TECNO SPARK 9T tetap melengkung.

Lalu berapa harganya? TECNO SPARK 9T ditawarkan di Shopee dengan harga Rp1.699.000. Namun, pada masa pre-order dari tanggal 6 sampai 8 September 2022 terdapat voucher diskon senilai Rp100.000 dan bonus TECNO Buds 2 untuk yang memesan dan membeli. Selain itu, TECNO SPARK 9T juga ditawarkan dengan harga Rp1.599.000 dengan bonus Tecno Prime-P1 selama masa flash sale 9.9.