Find Us On Social Media :

Cerita Syifa Nur Aini, dari Driver Ojek Online Menjadi IT Support

By Rafki Fachrizal, Selasa, 6 September 2022 | 17:00 WIB

Syifa Nur Aini

Syifa Nur Aini (25) adalah salah satu perempuan lulusan Bangkit 2021 asal Bekasi, Jawa Barat alumni Universitas Bakrie, jurusan Teknik Informatika.

Sebagai anak pertama dan memiliki dua adik, Syifa mengemban tanggung jawab untuk bekerja menjadi driver ojek online di Gojek sambil berkuliah, meski hal ini menghambat masa studinya menjadi lebih lama dari biasanya karena tidak bisa mengambil SKS sebanyak teman-temannya.

Hal ini tidak menjadi halangan karena ia masih bersemangat untuk bekerja di bidang IT dengan mengikuti kelas Bangkit ditengah kesibukannya.

“Biasanya, saya bangun pukul 5 pagi untuk menjadi mitra ojek online, setelahnya mengikuti kegiatan di kampus atau mengikuti kelas Bangkit. Kemudian dari jam 5 sore sampai jam 11 malam, saya bekerja sebagai IT Support paruh waktu di Trapo, Indonesia. Saya nggak malu, justru senang bisa membantu keluarga dan belajar banyak dari kegiatan yang padat," ungkap Syifa.

Di Bangkit, Syifa memilih kelas Machine Learning dengan capstone project membuat perangkat identifikasi tingkat kematangan buah dan lulus mendapatkan sertifikasi TensorFlow Developer.

Setelah lulus dari Bangkit tahun lalu, kini Syifa berprofesi sebagai IT Manager di Trapo Indonesia, perusahaan aksesori mobil yang sayap usahanya sampai Asia Tenggara.

Menurut Syifa, banyak hasil pembelajaran selama satu semester dari Bangkit yang mendukung karir Syifa saat ini.

“Mulai dari soft skill seperti beradaptasi, komunikasi profesional, kepemimpinan, terutama mengatur waktu karena para peserta dituntut untuk terus mencoba sebelum mengatakan 'Saya tidak bisa melakukannya'. Selain itu juga hard skill seperti cara menangani proyek dan menguji software,” terang Syifa.

Ia pun berpesan bagi para perempuan yang ingin berkarir di di bidang teknologi. “Jangan pernah membatasi diri untuk belajar dan berkarir di bidang teknologi meskipun perempuan, tetap harus memberikan kontribusi terbaik bagi bidang teknologi Indonesia,” ungkap Syifa.

Bagi perempuan yang ingin berkarir di bidang teknologi, Syifa membagikan tips yang bisa diterapkan, di antaranya milikilah rasa p​ercaya diri yang tinggi, harus bisa belajar cepat seiring berkembangnya teknologi, miliki komitmen tinggi, harus bisa menjadi problem solver, dan terakhir yakni jangan mudah menyerah.

Baca Juga: Keren! Krealogi akan Mewakili Indonesia di Program Google for Startups