Find Us On Social Media :

LG Kenalkan OLED Flex Model LX3, TV OLED 42 Inci yang Bisa Ditekuk

By Cakrawala, Kamis, 8 September 2022 | 13:00 WIB

LG kenalkan OLED Flex, tepatnya model LX3, yang diklaim sebagai TV OLED 42 inci pertama di dunia yang dapat dibengkokkan alias ditekuk pada gelaran IFA 2022 di Jerman belum lama ini.

LG Electronics belum lama ini memperkenalkan OLED Flex, tepatnya model LX3, pada gelaran IFA 2022 atau Internationale Funkausstellung Berlin 2022 di Jerman. LG mengeklaim OLED Flex model LX3 tersebut merupakan TV OLED 42 inci pertama di dunia yang dapat dibengkokkan alias ditekuk. Dibengkokkan maksudnya adalah bisa dibuat dari TV layar datar menjadi TV layar lengkung. Alhasil, LG LX3 menawarkan fleksibilitas yang lebih baik dari kebanyakan TV. Pengguna bisa menyesuaikan apakah menggunakannya sebagai TV layar datar atau sebagai TV layar lengkung sesuai yang dinilai paling optimal untuk suatu kegiatan yang akan dilakukan.

LG menambahkan bahwa OLED Flex model LX3 bisa berubah dari TV layar datar sampai TV layar lengkung dengan tingkat kelengkungan 900R. Namun, pengguna juga bisa memilih berbagai tingkat kelengkungan lain di antara keduanya. LG menyebutkan TV OLED barunya itu menawarkan dua puluh tingkat kelengkungan yang bisa dipilih. Dengan kata lain, pengguna tidak hanya bisa memilih untuk menggunakannya sebagai TV layar datar melainkan juga sebagai TV layar lengkung dengan tingkat kelengkungan yang berbeda — yang optimal — untuk keperluan berbeda.

Kemampuan LG OLED Flex model LX3 untuk berubah antara TV layar datar dengan TV layar lengkung diklaim berkat penggunaan OLED yang tentunya tidak membutuhkan backlight. LG pun menegaskan OLED yang digunakan adalah OLED evo yang menawarkan tingkat kecerahan lebih baik dari OLED alias OLED “biasa”. Hadir dengan ukuran diagonal layar 42 inci, LG LX3 diklaim menawarkan contrast yang tak berhingga, warna hitam yang dalam alias benar-benar hitam, akurasi warna yang tinggi, response time yang sangat cepat, dan input lag yang rendah. LG pun memastikan kemampuan LX3 untuk menjadi TV layar lengkung tak bakal memberikan distorsi pada kualitas tampilan.

Menariknya lagi, pengguna bisa mengatur tingkat kelengkungan LG OLED Flex model LX3 secara cepat menggunakan salah satu dari dua preset yang disediakan pada remote control. Pengguna juga bisa mengatur tingkat kelengkungan tersebut secara manual dengan penambahan per 5%. Tak hanya itu, LG LX3 juga bisa di-tilt menuju pengguna sampai 10° maupun menjauh dari pengguna sampai 5°. Begitu pula dengan stand-nya yang bisa diatur ketinggiannya; lebih tinggi atau lebih rendah sampai 14 cm.

Adapun untuk prosesornya, LG OLED Flex model LX3 menggunakan α 9 Gen 5. Beberapa TV OLED tahun 2022 andalan LG pun memakai α 9 Gen 5 yang menawarkan kecepatan dan kecerdasan lebih baik dari generasi sebelumnya ini. Dengan α 9 Gen 5 plus algoritma khusus, LG menyebutkan TV yang sewajarnya memiliki resolusi 4K ini nyaman di mata. Kenyaman tersebut tentu dibantu berkat kemampuan flicker free-nya. Selain itu, LG LX3 juga glare free dan lapisan SAR (super anti-reflection)-nya diklaim mengurangi distraksi visual. Yang terakhir ini membantu pengguna untuk berfokus pada tampilan.

Sementara, khusus unguk bermain gim, LG OLED Flex model LX3 antara lain hadir dengan fitur yang membolehkan pemain gim untuk menentukan ukuran dari layar yang digunakan untuk menampilkan gim yang sedang dimainkan. LG mencontohkan pemain gim RPG (role playing game) mungkin memanfaatkan seluruh 42 inci, tetapi pemain gim FPS (first person shooter) mungkin memanfaatkan hanya 32 inci. Pemain gim FPS memanfaatkan ukuran layar yang lebih kecil misalnya agar dengan sekali lihat seluruh tampilan gim bisa terlihat.

Seperti sejumlah TV OLED LG lain, LG OLED Flex model LX3 juga mendukung Dolby Vision gaming pada 4K 120 Hz serta aneka fitur HDMI 2.1 seperti VRR (variable refresh rate) dan ALLM (auto low latency mode). Begitu pula dengan AMD FreeSync Premium dan G-SYNC Compatible. Terdapat juga mikrofon terintegrasi yang bisa digunakan untuk berbincang saat bermain gim dan mode Multi View yang membolehkan pengguna untuk melihat tampilan dari dua sumber berbeda secara sekaligus. Dengan mode Multi View pengguna contohnya bisa bermain gim sembari melihat YouTube. Pengguna pun bisa memilih untuk mendengarkan audio dari sumber yang diinginkan.

Adapun speaker-nya, LG OLED Flex model LX3 menyertakan dua speaker front-firing 40 W. Tentunya tidak sekadar menyediakan speaker, LG LX3 dilengkapi pula dengan berbagai teknologi sehubungan audio. LG LX3 antara lain mendukung Dolby Atmos dan Gaming Optimizer. LG menyebutkan Gaming Optimizer menghadirkan pengaturan suara yang dioptimalkan untuk berbagai genre gim. Tak hanya itu, pemain gim juga bisa melakukan kustomisasi terhadap aneka pengaturan untuk mendapatkan suara seperti yang dinginkan.

Tidak terdapat informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan LG OLED Flex model LX3 di pasar dunia. Begitu pula mengenai harganya.