Find Us On Social Media :

Google Doodle Rayakan Desain Mangkuk Ikonik Ayam Jago, Ini Sejarahnya

By Rizal, Senin, 12 September 2022 | 11:00 WIB

Google Doodle Ayam Jago

Hari ini, Google Doodle menampilkan desain mangkok ayam jago atau rooster bowl yang ikonik dan muncul di laman penelusuran Google Search sebagai peringatan pendaftaran yang dilakukan pemerintah Thailand pada desain ini tepat 9 tahun lalu atau 2013.

Animasi mangkuk ayam jago hari ini terpampang sebagai sebuah Doodle menggantikan tulisan Google di laman pencarian Google.com.

"Doodle hari ini merayakan Lampang Rooster Bowl yang ikon, desain peralatan makan tradisional yang menampilkan ayam jago berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang," tulis Google seperti dikutip dari situs resmi Doodle.

Pemerintah Thailand mendaftarkan desain mangkuk ayam jago itu sebagai Produk Indikasi Lampang, salah satu provinsi di Thailand. Ketika itu, banyak para pengusaha yang membuka pabrik pembuatan mangkuk ini di wilayah tersebut.

Wilayah itu dipilih karena banyak mengandung mineral lempung, sehingga cocok untuk pembuatan keramik.

Saat Lampang mulai memproduksi peralatan makan ini, mangkuk ini menjadi salah satu produk terlaris dan berimbas pada peningkatan keuangan masyarakat setempat.

Lampang masih terus memproduksi mangkuk ayam jago ini, tapi hanya sedikit yang membuatnya dengan gaya dan bahan tradisional. Sebenarnya, desain mangkuk ayam jago itu sebenarnya berasal dari Tiongkok bukan dari Thailand. Karena itu, mangkuk ayam jago itu menjadi salah satu desain yang banyak tersebar di Asia.

Masyarakat Indonesia hingga saat ini masih menggunakannya. Dari sisi makna, ayam jago melambangkan kerja keras, daun pisang dan bunga peony merah melambangkan mimpi untuk keberuntungan.