Find Us On Social Media :

Mutalk, perangkat peredam suara bagi Anda ingin ngobrol rahasia

By Wisnu Nugroho, Jumat, 16 September 2022 | 15:08 WIB

Mutalk, perangkat peredam suara bagi Anda yang ingin berbicara rahasia

Setiap orang pasti pernah berada di situasi ketika berada di tempat umum namun harus berbicara topik yang sensitif atau rahasia. Jika itu terjadi, biasanya kita harus mencari tempat yang agak sepi atau berbicara dengan suara pelan.

Gak enak kan?

Masalah itulah yang coba diatasi Shiftall, sebuah perusahaan asal Jepang. Mereka membuat alat yang disebut Mutalk yang berfungsi meredam suara saat Anda berbicara. Mutalk bekerja dengan cara membuat kantong udara di dalam rongga mulut, sehingga mencegah gelombang suara keluar dari perangkat ini.

Dengan Mutalk, kekuatan suara Anda akan turun 20-30 decibel. Shiftall mengklaim, orang yang duduk di sebelah Anda pun tidak akan mendengar suara Anda saat berbicara. Sebaliknya, Mutalk akan membuat suara Anda terdengar lebih jelas bagi orang yang berada di ujung telepon.

Video Youtube di bawah ini bisa memberi gambaran bagaimana perbedaan suara saat menggunakan microphone wireless biasa dengan Mutalk.

Mutalk sendiri terhubung ke smartphone Anda menggunakan koneksi Bluetooth. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengikatnya ke mulut seperti menggunakan kamera VR. Namun jika digunakan sesekali, Anda bisa menempelkannya ke mulut saat berbicara, lalu menaruhnya saat tidak berbicara. Saat ditaruh, Mutalk secara otomatis berada dalam mode mute atau diam.

Dengan kelebihan tersebut, Mutalk bisa menjadi solusi bagi Anda yang banyak bepergian dan sering berbicara hal penting di tempat umum. Mutalk bisa juga menjadi solusi bagi Anda yang senang bermain game online di malam hari, sehingga obrolan dengan teman main tidak mengganggu orang sekitar.

Tentu saja, tantangan terbesar Mutalk adalah bentuknya yang aneh dan terlihat tidak nyaman. Agak sulit membayangkan ada orang di bandara yang menempelkan perangkat ini ke mulut dengan perangkat ini cuma untuk melakukan pembicaraan di telpon.

Namun jika Anda tetap tertarik dengan produk ini, Mutalk dijual dengan harga 19.900 yen atau sekitar Rp.1,9 juta.