Find Us On Social Media :

Zoho: Dengan Lokalisme Transnasional Kami Berhasil Bertumbuh

By Cakrawala, Jumat, 16 September 2022 | 19:00 WIB

Mengusung filosofi 'Lokalisme Transnasional' dalam bertumbuh, Zoho mengeklaim berhasil bertumbuh dari sisi jumlah karyawan dan pedapatan di Asia Tenggara.

Zoho beberapa waktu lalu menyampaikan perihal keberhasilannya bertumbuh di Asia Tenggara. Mengusung filosofi "Lokalisme Transnasional" dalam bertumbuh, Zoho mengeklaim berhasil bertumbuh dari sisi jumlah karyawan dan pendapatan di Asia Tenggara. Tak sekadar bertumbuh, nilai pertumbuhannya juga besar. Hal tersebut ditegaskan Zoho melalui rilis yang InfoKomputer terima. Keberhasilan pertumbuhan bersangkutan diklaim Zoho sejalan dengan komitmen Zoho untuk mengembangkan solusi tangguh yang mendukung semua bisnis. Bahkan, Zoho menyebutkan senantiasa menawarkan versi gratis dan berbayar untuk setiap produk.

Secara spesifik Zoho mengatakan bahwa pendapatannya di Asia Tenggara bertumbuh sebesar 37% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara, jumlah karyawarannya di kantor-kantor utamanya di Asia Tenggara di luar India bertumbuh 300% bila dibandingkan awal tahun 2020. Zoho pun menambahkan bahwa filosofi investasi dan inovasinya berakar pada penelitian dan pengembangan peranti lunak terpadu yang kuat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan visi bisnis organisasi mana pun. Lebih dari 60% tenaga kerja perusahaan mendedikasikan diri pada bidang teknik, baik dalam pengembangan teknologi baru maupun membangun cara agar aplikasi tersebut bisa saling melengkapi dan berintegrasi satu sama lain. 

Adapun Lokalisme Transnasional dijelaskan Zoho sebagai usaha untuk menciptakan komunitas dan ekonomi lokal yang mandiri. Diperkenalkan pada awal tahun 2020, inisiatif tersebut telah berkembang menjadi kantor-kantor global baru, mencakup perekrutan tim lokal, menjalin kemitraan dengan organisasi lokal dan badan pemerintah guna menurunkan hambatan adopsi teknologi untuk bisnis, mengadakan kursus peningkatan keterampilan yang berhubungan dengan lembaga pendidikan, pelokalan bahasa termasuk dukungan bahasa seperti Bahasa Arab, dan memberi harga lokal untuk beberapa negara.

Lebih lanjut, kantor yang dibuka sebagai bagian dari upaya Lokalisme Transnasional Zoho itu mengikuti model hub-and-spoke; kantor yang lebih besar berfungsi sebagai hub untuk belasan kantor spoke kecil yang terletak di daerah pedesaan dan kota-kota di seluruh dunia. Metode bersangkutan memungkinkan karyawan untuk tinggal di kampung halaman mereka dan berkontribusi pada komunitas lokalnya sambil bekerja untuk perusahaan teknologi terkemuka yang diakui secara global.

Sementara, untuk solusi tangguh yang mendukung semua bisnis, Zoho mengeklaim sampai sekarang telah mengembangkan 55 aplikasi. Jumlah tersebut meningkat signifikan dibandingkan dua tahun lalu yang hanya sebanyak 40 aplikasi. Seperti telah disebutkan, Zoho menawarkan versi gratis dan berbayar untuk setiap produk. Zoho memastikan pula bahwa sejauh ini harga yang perlu dibayarkan untuk yang berbayar tidak mengalami peningkatan walau cakupan penawarannya terus meningkat. Selain keterjangkauan, seperti telah disebutkan, Zoho memastikan bahwa Zoho juga menawarkan peranti lunak yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kecil dan menengah.