Find Us On Social Media :

IBM Power Tingkatkan Performa Sistem 300% di Bank Mega Syariah

By Liana Threestayanti, Jumat, 16 September 2022 | 15:51 WIB

Modernisasi sistem dengan IBM Power, Bank Mega Syariah mampu meningkatkan performa sistem dan menurunkan konsumsi daya sistem.

Melakukan modernisasi core banking system dan development system dengan IBM Power, Bank Mega Syariah mampu meningkatkan performa sistem dan menurunkan konsumsi daya sistem.

Di tengah era digital, bisnis dari berbagai sektor di Indonesia dipacu untuk terus bertransformasi secara digital. Perusahaan dituntut untuk tetap kompetitif, beroperasi secara lebih efisien, dan mampu menghasilkan produk dan jasa yang lebih baik untuk para pelanggannya.

Salah satu sektor yang giat bertransformasi digital untuk terus memberikan pelayanan prima bagi para nasabahnya adalah perbankan

Dan salah satu bank yang terus melakukan modernisasi infrastruktur teknologinya adalah PT Bank Mega Syariah (Bank Mega Syariah) adalah salah satu contohnya. Bekerja sama dengan IBM Indonesia, Bank Mega Syariah  melakukan modernisasi dengan  memanfaatkan inovasi teknologi infrastruktur teranyar pada core banking system dan development system berbasis IBM Power. Untuk proses implementasi ini, perusahaan menggandeng PT Multipolar Technology Tbk (Multipolar Technology) sebagai salah satu mitra IBM Indonesia.

“Bank Mega Syariah percaya bahwa transformasi digital mampu menghasilkan produktivitas dan efisiensi operasional yang lebih besar, dan tentunya berdampak pada kualitas layanan kami kepada nasabah. Dengan pembaharuan pada core banking system berbasis IBM Power, kami mampu meningkatkan performa sistem hingga 300% dan menurunkan konsumsi daya sistem sebesar 120%,” jelas Darwinsyah, IT Infrastructure, IT Security & IT Operation Division Head, PT Bank Mega Syariah.

Sementara Cin Cin Go, Technology and Country Leader IBM Indonesia mengatakan, bahwa IBM mendukung Bank Mega Syariah untuk memanfaatkan solusi teknologi yang tepat untuk meningkatkan operasi perbankannya. 

"IBM Power menghadirkan kecepatan terbaik dan didukung dengan kekuatan Artificial Intelligence (AI) dan superkomputer, sambil memberikan keamanan dan ketangkasan yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan peraturan industri yang ketat, seperti perbankan," papar Cin Cin Go.

Ia menjelaskan, IBM Power secara khusus dirancang untuk menyesuaikan beban kerja paling intensif untuk data perusahaan. Sistem ini juga dibekali kemampuan komputasi khusus untuk kelas bisnis dengan kombinasi ketersediaan, keamanan, dan fleksibilitas dari penerapan hybrid cloud,yaitu on-premises, private cloud, maupun public cloud.

IBM Indonesia berkolaborasi dengan Multipolar Technology selaku IBM Platinum Business Partner untuk memastikan implementasi dari modernisasi ini berjalan sesuai visi Bank Mega Syariah.

“Pengalaman dan pengetahuan kami yang mendalam di sektor perbankan tentunya sangat mendukung perjalanan transformasi digital Bank Mega Syariah. Bersama IBM, kami berkomitmen untuk membantu bisnis di Indonesia bertransformasi dengan memberikan wawasan dan solusi yang inovatif,” ungkap Wahyudi Chandra, President Director PT Multipolar Technology Tbk.