Find Us On Social Media :

BCA Kembali Gelar SYNRGY Academy, Ini Manfaatnya Bagi Peserta

By Liana Threestayanti, Selasa, 20 September 2022 | 08:30 WIB

Untuk mengembangkan dan menciptakan lebih banyak talenta digital, BCA kembali menggelar program SYNRGY Academy. Ini keuntungannya untuk peserta.

Untuk mengembangkan dan menciptakan lebih banyak talenta digital di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar program SYNRGY Academy. Ini keuntungannya untuk peserta.

Program SYNRGY Academy merupakan pelatihan peningkatan kompetensi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi generasi muda Indonesia tanpa dipungut bayaran alias gratis. Dalam program ini para peserta akan mengikuti program bootcamp di bidang TI sesuai dengan minat masing-masing. Kelas-kelas yang dibuka seperti: Quality Insurance, Full-stack Web Javascript, UI/UX Design, Backend Engineering Java, Mobile Java, dan Cyber Security. 

Program yang menggandeng BINAR ini merupakan sebuah project-based learning. Dalam SYNRGY Academy, para peserta akan belajar menganalisis permasalahan di dalam masyarakat serta mencari solusinya. Dengan begitu, peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatnya secara langsung.

Co-founder BINAR Seto Lareno, menuturkan bahwa pihaknya menyambut positif program ini “BINAR berkomitmen untuk mengembangkan talenta digital semaksimal mungkin. Kerja sama dengan BCA ini merupakan langkah positif dan harus didukung oleh semua pihak. Kami membuka ruang bagi pemerintah dan private sector untuk melaksanakan program beasiswa bagi siapapun agar talenta-talenta ini dapat mengembangkan skill mereka dan membentuk individu yang berkarakter. Kurikulum BINAR yang dibentuk untuk program SYNRGY Academy ini telah disertifikasi oleh Education Alliance Finland dan telah diadopsi oleh merek terkemuka dari berbagai industri,” papar Seto.

“Kami berharap dengan adanya program beasiswa ini dapat meningkatkan jumlah tenaga kerja terampil bidang teknologi di Indonesia salah satunya melalui SYNRGY Academy. BCA ingin memberikan kesempatan yang sama untuk masyarakat Indonesia khususnya lulusan SMA/K dan mahasiswa yang ingin terjun ke bidang IT. Dengan ini, BCA berharap para peserta dapat menerapkan model pembelajaran yang didapatkan untuk menciptakan dan menumbuhkan kemampuan yang dimiliki agar menjadi talenta digital kebanggaan Indonesia di waktu yang akan datang,” ucap Senior Vice President IT BCA, Adi Prasetyo Susilo.

Program yang telah memasuki batch kelima ini disebut BCA akan memberikan beberapa manfaat bagi peserta, seperti pembelajaran langsung dengan fasilitator/mentor yang ahli di bidang pengembangan produk digital;  skill  yang sesuai dengan kebutuhan industri; model pembelajaran yang experiential learning; kurikulum terintegrasi; mendapatkan kelas intensif selama 6 bulan; dan berkesempatan untuk bisa meningkatkan skill non-teknis melalui sesi workshop gratis. 

Dan yang paling menarik tentunya adalah peserta akan mendapat kesempatan untuk untuk bekerja di Grup BCA serta dibantu mendapatkan pekerjaan sebagai alumni bootcamp BINAR oleh Job Connect.

SYNRGY Academy sendiri telah memasuki batch kelima, termasuk batch Grab yang memberikan beasiswa khusus untuk anak-anak driver Grab. Menurut keterangan BCA, batch kelima yang dimulai pada Agustus 2022 hingga bulan Februari 2023 ini disambut baik oleh masyarakat Indonesia khususnya para pelajar yang termasuk mahasiswa dan siswa SMA/SMK maupun profesional/karyawan. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai hampir 3000 pendaftar yang kemudian diseleksi secara ketat untuk menjadi 129 peserta bootcamp.