Find Us On Social Media :

ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION, Laptop Canggih Tema Luar Angkasa

By Dayu Akbar, Rabu, 21 September 2022 | 06:00 WIB

ASUS kembali menghadirkan laptop edisi khusus melalui Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (ASUS Zenbook SPACE EDITION) di Indonesia. Seseuai penamaannya, laptop tersebut hadir sebagai perangkat premium edisi spesial dengan desain bernuansa luar angkasa yang sangat futuristik. “Zenbook SPACE EDITION bukan sembarang laptop, melainkan sebuah perangkat edisi spesial yang hadir untuk memperingati 25 tahun laptop pertama ASUS yang berhasil dipilih sebagai perangkat pendukung di stasiun luar angkasa selama 600 hari,” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia. Sebagai refleksi sebuah wahana antariksa yang tangguh, Zenbook SPACE EDITION dibalut bodi berbahan aluminium yang tangguh serta ringan serta warna eksklusif Zero-G Titanium seperti halnya yang digunakan pada desain stasiun luar angkasa serta dilengkapi ukiran kode morse yang memiliki arti khusus. Tidak hanya mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H) disematkan pula sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Space System Command (SMC-S-016A). Dalam sertifikasi tersebut dijelaskan salah satunya bahwa Zenbook SPACE EDITION dapat beroperasi di lingkungan pada suhu -24⁰C hingga 61⁰C, serta tahan terhadap guncangan ekstrim berfrekuensi 20 – 2.000Hz.

Layar OLED monochrome ZenVision

Hal unik lain yang dihadirkan adalah fitur eksklusif berupa layar OLED monochrome bernama ZenVision. Memiliki ukuran 3,5-inci dan berada di balik layar, ZenVision dapat menampilkan beragam hal seperti status penggunaan, animasi eksklusif, hingga dapat dikustomasi untuk menampilkan informasi pengguna beserta QR code. Sebagai laptop edisi spesial, Zenbook SPACE EDITION hadir dengan paket penjualan yang istimewa. Kotak penjualannya didesain istimewa dan tetap mengedepankan konsep daur ulang sehingga ramah lingkungan. Pengguna bahkan dapat memanfaatkan kotak penyimpan charger sebagai penyangga laptop.

Layar sentuhnya menggunakan panel ASUS OLED dengan resolusi 4K (16:10) dan telah mendukung 4096 pressure-level serta dilengkapi fitur ScreenXpert yang inovatif, dimana akan membuat pengalaman penggunaan layar sentuh yang lebih interaktif. Layar ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Singkatnya layar ASUS OLED dapat menampilkan kualitas visual dengan warna dan akurasi terbaik, serta mampu menampilkan warna hitam dengan sempurna. Untuk spesifikasinya ditenagai dengan prosesor 12th Gen Intel Core H-Series dengan varian tertinggi menggunakan prosesor Intel Core i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W.  Terintegrasi di dalam prosesor tersebut adalah chip grafis Intel Iris Xe yang dapat menghadirkan performa grafis mumpuni tanpa menguras banyak daya baterai. Agar performanya lebih optimal, dibekali pula dengan memori LPDDR5 4800MHz berkapasitas hingga 32GB. Sementara untuk penyimpanan data menggunakan PCIe 4.0 SSD berkapasitas 1TB.

Sistem pendinginnya menggunakan ASUS IceCool Technology yang memanfaatkan dua kipas serta dua jalur udara keluar untuk mendinginkan semua komponen penting yang ada di dalam laptop ini secara optimal. Sistem pendingin ASUS IceCool Technology juga tidak hanya mendinginkan prosesor, tetapi juga komponen penting lain seperti VRM. Dari sisi konektivitas tersedia berbagai port mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, serta 3.5mm combo audio jack dan microSD card reader. Tidak ketinggalan dua port USB type-C yang juga mendukung Thunderbolt 4, DisplayPort dan USB power delivery.ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION hadir dalam dua varian yang dibedakan berdasarkan prosesor dan kapasitas RAM. Versi Intel Core i9-12900H dengan RAM 32GB LPDDR5 dibanderol seharga Rp30.999.000. Sementara versi Intel Core i7-12700H dengan RAM 16GB LPDDR5 dibanderol seharga Rp26.999.000.

Untuk layanan purna jualnya, laptop ini mendapatkan 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty