Find Us On Social Media :

Usung Aiven for ClickHouse, Aiven Rambah Pasar Cloud Data Warehouse

By Liana Threestayanti, Jumat, 23 September 2022 | 20:17 WIB

Aiven mengumumkan peluncuran versi beta dari Aiven for ClickHouse® yang sekaligus menandai masuknya perusahaan platform data cloud open source ini ke pasar data warehouse

Tersedianya Aiven for ClickHouse® akan memungkinkan pelanggan Aiven memanfaatkan columnar database berbasis open source untuk mengakses analitik dengan kinerja tinggi untuk mendapatkan insight yang akan mendorong pengambilan keputusan bisnis penting.

Aiven for ClickHouse® dikembangkan berlandaskan columnar database management system (DBMS) berbasis open source. DBMS ini digunakan untuk online analytical processing atau OLAP yang memungkinkan pengguna menghasilkan laporan analitik menggunakan SQL query secara real time. 

Menurut CTO Aiven, Heikki Nousiainen, para pelanggan Aiven menyukai penawaran database terkelola seperti PostgreSQL dan MySQL. Namun ketika data terus tumbuh, pelanggan harus memasukkan data warehouse ke dalam strategi datanya. 

“ClickHouse akan menyajikan performa terbaik dan skalabilitas untuk memenuhi permintaan pelanggan. Dengan ClickHouse, sekarang kami bisa dengan lebih baik membantu pelanggan memanfaatkan data mereka menjadi infomasi yang bisa ditindaklanjuti untuk meningkatkan revenue dan keseluruhan produktivitas bisnis mereka,” janji Heikki.

Heikki menjelaskan, Aiven for ClickHouse® Beta adalah cloud data warehouse yang sepenuhnya terkelola, menyediakan analytics yang digadang-gadang memiliki kinerja tinggi menyajikan analitik berperforma tinggi bagi Aiven, dan menghasilkan laporan data analitik secara real-time menggunakan advanced query SQL. 

Aiven for ClickHouse® Beta menyediakan beberapa integrasi berikut bagi pelanggan:

“Dengan berkolaborasi bersama para pendukung open source di ClickHouse, kami menjalankan misi kami untuk memudahkan hidup para developer sekaligus bekerja sama untuk mengembangkan komunitas open source yang lebih besar,” ucap Lorna Mitchell, Head of Developer Relations Aiven. 

Data warehouse ClickHouse sendiri telah dimanfaatkan oleh perusahaan dari berbagai industri, mulai dari lembaga keuangan global, hingga perusahaan transportasi, audio streaming dan layanan media.