Find Us On Social Media :

Nih, 5 Kiat Analisis Pasar dari Tokopedia untuk Pelaku UMKM

By Liana Threestayanti, Senin, 26 September 2022 | 20:17 WIB

Agar dapat terus beradaptasi dengan perkembangan pasar, kemampuan analisis pasar menjadi sangat penting bagi pelaku UMKM.

Agar dapat terus beradaptasi dengan perkembangan pasar, kemampuan analisis pasar menjadi sangat penting bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Hal itu diungkapkan oleh Helena, Head of Product (Campaign), Tokopedia. Kemudian Helena juga membagikan lima tips dari Tokopedia agar UMKM bisa mengasah kemampuan analisis pasar agar dapat mengoptimalkan potensi bisnisnya. 

1.Pantau produk yang sedang trending di pasar

Tokopedia menyarankan para pegiat UMKM untuk memanfaatkan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller. Fitur ini dapat digunakan untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris berdasarkan wilayah dan kategori. “Dengan begitu, penjual dapat menentukan jenis produk yang sedang populer untuk setiap kategorinya,” saran Helena.

2.Pelajari rekomendasi harga produk di pasar 

Selanjutnya, para pelaku UMKM disarankan melakukan analisis perbandingan harga produk yang beredar di pasar. Dengan cara ini, harga yang ditawarkan UMKM berada dalam batas normal dan dapat bersaing. “Manfaatkan fitur Rekomendasi Harga di aplikasi Tokopedia Seller agar bisa memasarkan produk dengan harga kompetitif dan menarik lebih banyak pembeli,” jelas Helena.

3.Pantau performa produk

Pegiat usaha dapat menggunakan fitur Analisis Wawasan Produk untuk membantu memantau produk mana yang butuh lebih banyak diiklankan, dilengkapi informasinya, dan melakukan optimalisasi lain. Dengan begitu, sebuah produk dapat bersaing secara organik pada halaman pencarian di Tokopedia dan performa bisnis menjadi lebih maksimal. 

4.Lakukan testing penjualan

Melakukan uji coba penjualan produk dapat membantu penjual melihat produk apa yang berpotensi laris. “Misalnya, penjual bisa memberikan sampel atau produk tester yang akan diluncurkan kepada sejumlah pembeli untuk melihat antusiasme mereka,” jelas Helena.

5.Kumpulkan aspirasi pembeli 

Tokopedia menyarankan UMKM untuk menggunakan fitur Pengingat Ulasan di aplikasi Tokopedia Seller untuk mengajak pembeli menulis ulasan setelah transaksi selesai secara otomatis. “Tanggapi dan pelajari setiap masukan dengan positif karena ulasan pembeli adalah dasar untuk berinovasi agar bisa terus relevan dengan pasar,” jelas Helena.

Tokopedia juga menyediakan berbagai materi edukasi yang dapat diakses para pegiat UMKM sepenuhnya secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller dan pelatihan daring yang disediakan oleh tim Merchant Education Tokopedia.