Find Us On Social Media :

Bocoran Spesifikasi Tablet dan Pixel Fold, Pakai Teknologi Samsung

By Rizal, Selasa, 18 Oktober 2022 | 13:00 WIB

Google Pixel Notepad

Google akan meluncurkan smartphone lipat pertamanya Google Pixel Fold pada 2023. Pengembang teknologi Kuba Wojciechowski mengatakan layar Google Pixel Fold akan menggunakan layar buatan Samsung.

Untuk layar bagian dalam yang lebih besar akan mendukung resolusi 1840x2208 dan berukuran 123mm x 148mm.

Layar itu diklaim mencapai kecerahan puncak hingga 1200 nits, dengan kecerahan rata-rata 800 nits dan refresh rate bisa mencapai 120 GHz.

Dari segi chipset, HP lipat Google itu akan menggunakan chipset Google Tensor yang mungkin sama dengan chip yang disematkan di Pixel 6.

Pixel Fold diprediksi memiliki tiga kamera di bagian belakang dengan kamera utama 64 MP, dibarengi dengan lensa ultrawide 12 MP, dan lensa telefoto 10,8 MP.

Sedangkan kamera bagian dalam perangkat menggunakan sensor IMX355 8 MP, dan kamera luar di bagian depan dapat menggunakan sensor S5K3J1, tetapi tidak diketahui ukuran sensornya seperti dikutip Gizmochina.

Google akan menyematkan sensor "side fingerprint" ke Pixel Tablet dan Pixel Fold karena banyak penggemar lama Pixel yang lebih menyukai sensor "side fingerprint" dibanding sensor pembacaan sidik jari di bawah layar atau "underdisplay".

Apalagi, Google telah menemukan dua kode khusus pada pengujian User Interface (UI) untuk sidik jari. Dua jenis kode khusus itu adalah kode “Y-aligned” jika diartikan artinya sensor sidik jari berada di sisi kiri atau kanan.

Pada kode ini ditemukan ada dua konfigurasi berbeda yaitu “folded” dan “unfolded.” Kode itu diyakin adalah hasil uji coba pada Pixel Fold.

Dalam posisi "unfolded", resolusi layar yang ditampilkan adalah 1840x2208 sedangkan untuk versi "folded" resolusi layar yang ditampilkan adalah 1080x2100 seperti dikutip Google9to5

Google ingin memastikan ketika menggunakan sensor side fingerprint, HP dapat tetap dibuka dengan sensor yang sama meski berada dalam kondisi berbeda.

Kode kedua bernama “X-aligned” artinya sensor sidik jari akan berada di sepanjang tepi atas atau bawah.

Kode ini nampaknya sangat mungkin diaplikasikan pada perangkat seperti tablet dan ini merujuk pada spesifikasi Pixel Tablet.

Menurut kode tersebut Pixel Tablet akan memiliki layar beresolusi 2560 x 1600. Belum diketahui untuk Pixel Fold akan dirilis kapan, namun untuk Pixel Tablet dipastikan rilis pada 2023 dengan tanggal yang belum ditentukan.