Find Us On Social Media :

Microchip Kenalkan Lini MCU PIC32CX-BZ2: Mudahkan Bluetooth Low Energy

By Cakrawala, Jumat, 21 Oktober 2022 | 23:15 WIB

Microchip kenalkan lini MCU barunya, PIC32CX-BZ2, yang mengintegrasikan fungsi Bluetooth low energy sehingga memudahkan desainer menghadirkan koneksi nirkabel pada produk.

Microchip beberapa hari lalu mengenalkan lini MCU (microcontroller unit) barunya, PIC32CX-BZ2, di dunia. Hadir dalam dua bentuk, modul dan SoC (system on chip), lini Microchip PIC32CX-BZ2 merupakan MCU PIC berbasiskan Arm Cortex-M4F yang ditujukan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi para desainer produk sehubungan koneksi nirkabel. Pasalnya, lini Microchip PIC32CX-BZ2 sudah mengintegrasikan fungsi Bluetooth low energy (BLE). Bluetooth sendiri merupakan salah satu koneksi nirkabel yang populer.

Microchip menambahkan bahwa koneksi nirkabel kini sudah menjadi sesuatu yang wajib untuk berbagai produk. Namun, menghadirkan koneksi nirkabel pada suatu produk sering kali meningkatkan biaya dan kerumitan dari desain sistem. Terintegrasinya fungsi Bluetooth low energy pada MCU bisa mengatasi biaya dan kerumitan tersebut. Dengan kata lain, lini Microchip PIC32CX-BZ2 bisa memudahkan pengaplikasian Bluetooth low energy — lazim pula disebut Bluetooth LE (low energy).

“Keluarga MCU PIC32CX-BZ2 kami menghilangkan hambatan untuk membawa aplikasi nirkabel ke pasaran, dari masalah ketersediaan dan tantangan kompleksitas hingga rintangan sertifikasi peraturan dan masalah dukungan jangka panjang,” kata Steve Caldwell (Vice President unit bisnis Solusi Nirkabel Microchip).

“Keluarga kami mengintegrasikan konektivitas nirkabel dengan MCU secara ketat, yang dibangun di atas puluhan tahun pengalaman khusus kami dan didukung oleh pendekatan pemanufakturan vertikal yang mencakup IC, kumpulan stack software Microchip yang sangat terintegrasi, pemanufakturan modul internal, dan kebiasaan lama yang didorong oleh pelanggan,” tambah Steve Caldwell.

Seperti telah disebutkan, lini Microchip PIC32CX-BZ2 mencakup SoC maupun modul yang RF-ready. Microchip menegaskan modul RF-ready yang dimaksud pun tersertifikasi berbagai regulator di dunia. Selain itu, lini Microchip PIC32CX-BZ2 juga mendukung stack Zigbee dan pembaruan melalui udara alias OTA (over the air) update. Secara spesifik SoC dari lini Microchip PIC32CX-BZ2 adalah Microchip PIC32CX1012BZ25048, sedangkan modulnya adalah Microchip WBZ451PE dan Microchip WBZ451UE.

Seperti biasa, terdapat papan pengembangan alias development board untuk lini Microchip PIC32CX-BZ2, yakni WBZ451 Curiosity Development Board. Lebih jelasnya mengenai lini Microchip PIC32CX-BZ2 beserta papan pengembangannya bisa dilihat di www.microchip.com/en-us/products/wireless-connectivity/bluetooth-low-energy/pic32cx-bz2-family.

Adapun untuk ketersediannya, Microchip menyebutkan lini PIC32CX-ZB2 saat ini sudah tersedia. Namun, Microchip tidak mengatakan harganya.