Find Us On Social Media :

Lazada Bekali UMKM Siasat Dapat Cuan Saat Harbolnas Akhir Tahun

By Indah PM, Jumat, 21 Oktober 2022 | 11:30 WIB

Lazada Seller Conference Level Up 2022

Lazada Indonesia (Lazada) kembali menggelar Lazada Seller Conference sebagai program edukasi bagi para penjual di platform Lazada. Acara yang bertajuk Lazada Seller Conference: Level Up 2022 ini telah diselenggarakan pada 19 Oktober 2022 dan memaparkan kiat-kiat dalam memanfaatkan tren pasar. Selain itu, Lazada juga menangkap peluang bisnis terbaru agar dapat meningkatkan pelauang di Lazada, terutama jelang festival belanja akhir tahun 11.11 dan 12.12 mendatang.

Seiring dengan meningkatnya jumlah pelaku UMKM yang bertransformasi digital, kolaborasi antara pemerintah, industri, serta pemangku kepentingan lainnya hendaknya terus diperkuat untuk mendukung UMKM mencapai potensi optimalnya dalam ekonomi digital Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan dukungan pemerintah dalam transformasi digital UMKM Indonesia. “Adaptasi dalam proses transformasi digital menjadi kunci resiliensi pelaku koperasi dan UMKM. Ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai Rp4.531 triliun pada 2030, dengan potensi yang besar itu kita harus bersama-sama menjaga agar UMKM kitalah yang dapat memanfaatkan potensi tersebut. Untuk memanfaatkan potensi tersebut, pemerintah tengah mendorong 30 juta UMKM untuk onboarding ke dalam ekosistem digital pada tahun 2024,” ucapnya dalam sambutan pembuka acara Lazada Seller Conference: Level Up 2022. 

SVP, Seller Operations, Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro menyampaikan dukungan Lazada untuk pengembangan UMKM sebagai #PahlawanEkonomiDigital. Kontribusi para #PahlawanEkonomiDigital ini semakin besar seiring dengan peningkatan jumlah UMKM yang bergabung ke platform eCommerce.

“Menariknya daerah dengan pertumbuhan jumlah penjual yang lebih cepat tidak lagi berasal dari Ibukota dan Ibukota Provinsi, melainkan dari Kota dan Kabupaten penyangganya. Misalnya saja, Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Barat mencatat pertumbuhan 2 kali lebih cepat dibandingkan pertumbuhan nasional, sedangkan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat mencatat pertumbuhan jumlah penjual yang bisa mencapai 3 kali lipat dibandingkan Kota Bandung yang disangganya. Hal ini menunjukkan komitmen kami untuk membuka akses kepada UMKM di manapun di Indonesia,” ujar Haikal.   

Haikal menambahkan bahwa animo pelanggan untuk festival belanja online akhir tahun masih sangat besar, sehingga penting untuk para penjual mempersiapkan diri dengan baik. “Gratis Ongkir masih menjadi alasan utama pelanggan berbelanja online, sehingga sebagai bagian dari komitmen kami memberi kepuasan berbelanja, kami mengajak para pelanggan untuk turut berpartisipasi dalam memberikan Gratis Ongkir,” ujar Haikal.

Haikal mengungkapkan bahwa promosi gratis ongkir terbukti sangat ampuh karena berdasarkan data Lazada, penjual yang memberikan Gratis Ongkir bisa mendapatkan peningkatan jumlah pesanan hingga 100 persen. Selain itu, Lazada juga melakukan pembaruan fitur, salah satunya fitur Flash Sale yang kini bernama LazFlash.

Dalam konferensi tersebut, Lazada juga mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia tampaknya masih berhati-hati dalam berbelanja, karena masih adanya kekhawatiran pandemi serta inflasi. Perilaku ini ditandai dengan temuan sebanyak 61 persen masyarakat menunggu adanya promosi atau sale sebelum melakukan pembelian. Mereka bahkan merencanakan pembelanjaan 4-5 minggu sebelumnya dan secara aktif menjadi promo-hunter yang mencari promo atau diskon.

Lazada Seller Conference telah digelar secara rutin sejak 2019 untuk memberi kesempatan bagi penjual UMKM di ekosistem Lazada untuk bertemu dan berdiskusi dengan ahli-ahli di dalam ekosistem ekonomi digital. Di tahun 2021, ‘Lazada Seller Conference 2021 - Level Up, Cermat Melesat’ dihadiri oleh 23 ribu khalayak secara online, termasuk penjual di Lazada. 

Kali ini, Lazada Seller Conference: Level Up 2022 mengundang 1.000 peserta UMKM secara offline dengan kesempatan bagi puluhan ribu penjual lainnya dari seluruh Indonesia untuk menyaksikan Lazada Seller Conference secara online melalui Seller Center di Lazada.

“Seluruh program edukasi yang ada di Lazada ini akan terus kami jalankan dan kembangkan demi bisa mendorong para UMKM di Indonesia, khususnya para penjual serius yang ingin tumbuh dan berkembang di ranah digital bersama Lazada,” tutup Haikal.