Find Us On Social Media :

Pemanfaatan Data & Menjadikan Dunia Tempat Hidup yang Lebih Baik

By Liana Threestayanti, Jumat, 21 Oktober 2022 | 20:00 WIB

Menyediakan tempat hidup yang lebih baik adalah tugas pemerintah. Bagaimana pemanfaatan data dapat mewujudkan hal itu? (Foto ilustrasi)

Penulis: Erwin Sukiato, Country Manager Indonesia, Cloudera 

Menyediakan tempat hidup yang lebih baik dan meningkatkan taraf hidup masyarakat adalah beberapa tugas pemerintah. Bagaimana pemanfaatan data dapat mewujudkan hal itu?

Sebagian besar hype seputar big data dan analitik berfokus pada nilai bisnis dan dampaknya terhadap bottom-line (pendapatan bersih perusahaan). Hal tersebut sangat penting bagi sektor swasta dan sektor publik. 

Namun berbeda dengan institusi pemerintah. Bagi institusi pemerintahan ada misi yang lebih besar, yaitu meningkatkan taraf hidup manusia. Data membuat target yang paling ambisius dan bahkan idealis – seperti menjadikan dunia tempat yang lebih baik – menjadi sesuatu yang mungkin untuk diwujudkan. 

Hal ini secara intrinsik berharga, tapi kini telah dikodifikasikan sebagai bagian dari Satu Data Indonesia dengan misi “meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah dengan mendorong pembuatan kebijakan berdasarkan data, serta untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi pembangunan.” Menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik dengan data tidak hanya mulia, tapi bersifat wajib. 

Hal ini terjadi di saat yang penting bagi Indonesia dan dunia. Yaitu, saat populasi dunia menghadapi tantangan yang rumit dan tidak bisa diabaikan, di antaranya:

Sektor publik memiliki aset sangat besar dan terus berkembang untuk mengatasi hal tersebut dan masalah yang penuh tekanan lainnya, yaitu data. Data sangat penting bagi berbagai analisis dan insight cerdas yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan dengan cepat dan berdasarkan informasi, yang secara positif memberikan dampak bagi kehidupan orang-orang dan memperbaiki dunia di sekitar mereka.

Untuk mencapai visi ini, institusi pemerintah harus melakukan modernisasi dan mengoptimalkan cara mengumpulkan, mengorganisasi, mengelola, menganalisis, dan mengambil tindakan untuk data tersebut – dengan cara terbuka yang mengedepankan kepercayaan dan tanggung jawab dengan warga negara, para mitra dan pemangku kepentingan lainnya.

Inisiatif pemerintah Indonesia menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui Bagi Pakai Data, sebagai upaya untuk mendukung Satu Data Indonesia, adalah upaya yang layak diapresiasi. SPBE adalah upaya konsolidasi dan penyederhanaan beragam aplikasi layanan publik dan integrasi dan interoperabilitas data lintas pemerintah pusat dan daerah. Tujuannya adalah untuk mewujudkan layanan publik yang lebih baik dan dapat diandalkan.   

Ada empat hal penting dalam transformasi ini yang harus disatukan sebagai bagian dari kerangka kerja data untuk dunia yang lebih baik. Pilar-pilar tersebut termasuk:

Cloudera berada di posisi yang tepat untuk mendorong framework data modern ini demi dunia yang lebih baik. Kami telah mengembangkan platform data hybrid dengan memanfaatkan data lakehouse, data mesh, dan data fabric sebagai post-movement tool untuk performa misi yang optimal.

Hal tersebut dimulai dengan memanfaatkan jumlah besar data yang bergerak, terstruktur maupun tidak terstruktur dan dari berbagai jumlah besar sumber data, menjadi satu platform sehingga bisa digunakan untuk hal baik yang lebih besar. 

E-book interaktif Clouderq, “Data in Motion to Accelerate Your Mission.” dapat dijadikan referensi bagi institusi pemerintah dalam memanfaatkan kekuatan data untuk menjadikan menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik. Lebih banyak informasi juga dapat diperoleh dari presentasi Carolyn Duby di Cloudera Government Forum.