Find Us On Social Media :

Dell Pro 2K Webcam (WB5023), Webcam 2K dengan Fitur AI Auto Framing

By Dayu Akbar, Minggu, 23 Oktober 2022 | 13:00 WIB

Di era kerja hybrid saat ini, kebutuhan akan webcam makin terasa penting. Tangkapan gambar yang tajam tentu akan mempengaruhi komunikasi saat sedang melakukan meeting online agar lebih fokus, terutama saat menghadapi boss besar maupun klien bisnis penting. Apalagi kebanyakan webcam bawaan laptop memiliki kualitas yang pas-pasan.Untuk itu, Dell meluncurkan webcam kelas profesional melalui seri Dell Pro 2K Webcam (WB5023). Webcam ini ditujukan bagi pengguna yang ingin tampil maksimal saat melakukan telekonferensi video, siaran, atau live streaming. Unboxing

Dell Pro 2K Webcam hadir dalam kotak penjualan dengan dominasi warna putih. Selain unit webcam dan kabel, didalamnya tidak terdapat aksesori lain selain dari kertas panduan cepat dan garansi.  

Bodi

Dell Pro Webcam memiliki bodi berbentuk silinder kecil warna hitam berukuran kecil dengan diameter 4,4 cm, panjang 9,2 cm, dan berat 155 gram.Bagian bawahnya, terdapat bagian yang bisa dibuka dan berfungsi sebagai penjepit untuk dipasang pada layar atau monitor. Selain bisa ditempatkan di sisi atas layar, terdapat pula lubang mounting jika Anda ingin memasangnya pada tripod.

Bagian depan terdapat penutup lensa berbahan magnet yang mudah di lepas/pasang. Selain untuk menjaga privasi saat tidak digunakan, penutup ini juga berguna untuk melindungi lensa agar tidak kotor oleh debu.Pada bagian belakang webcam terdapat kabel yang terpasang permanen dengan ujung yang menggunakan konektor USB type-A. Kabel ini memiliki ukuran cukup panjang sekitar 1,5 meter sehingga pengguna tidak akan terlalu terkendala dalam hal penempatannya.Spesifikasi dan Fitur

Dell Pro 2K Webcam (WB5023) memiliki sensor dengan resolusi hingga 2K QHD atau 1440p di pilihan 24 atau 30 fps. Secara spesifik, Anda bisa menggunakan pilihan resolusi lain yaitu HD atau full HD.

Kameranya menggunakan sensor Sony STARVIS dengan bukaan f/2.0 yang mampu menangkap gambar dengan tajam berkat sensitivitas cahaya tinggi yang dimilikinya. Lensa kameranya memiliki dua pilihan bidang pandang yaitu 65 dan 78 derajat. Sementara kemampuan digital zoom-nya mencapai 4x.

Webcam ini dilengkapi dengan mikrofon bawaan yang hadir dengan fitur noise reduction untuk meminimalisir suara bising di sekitar. Posisi mikrofon terletak di bagian atas lensa kamera.Salah satu fitur unggulan di webcam ini adalah AI Auto Framing. Fitur ini memungkinkan kamera mengikuti pergerakan pengguna. Jadi jika pengguna bergeser ke samping maka sensor kamera akan mengatur lensa agar tampilan pengguna tetap berada di tengah. Meski saat kami coba, terkadang pergerakan ini agak lambat responnya. Namun jelas ini merupakan fitur yang cukup menarik.

Webcam ini juga unggulkan fitur HDR sehingga gambar akan tetap cerah pada saat digunakan dalam kondisi pencahayaan rendah. Kombinasi Digital Overlap HDR dan Facial DetectionAuto Exposure turut mengoptimalkan gambar wajah pengguna untuk bisa selalu tampil maksimal.Begitu pula dengan fitur Autofocus yang memilikinya mampu membuat fokus wajah pengguna akan diatur secara otomatis untuk mendapatkan gambar terbaik.

Semua fitur tersebut bisa diatur melalui software Dell Peripheral Manager yang mesti diunduh sendiri melalui situs resmi Dell. Secara rinci, software ini menyediakan pilihan pengaturan yang terdiri dari Camera Control, Color and Image, Capture, dan Audio.Webcam ini kompatibel dengan sistem operasi Windows maupun Mac, serta dapat digunakan di semua platform UC terdepan dan sudah mendapat sertifikasi Microsoft Teams dan Zoom. Harga

Dell Pro 2K Webcam (WB5023) dibanderol dengan harga Rp2.290.000. Dengannya, Anda akan mendapatkan webcam dengan kualitas yang lebih baik dibanding webcam bawaan laptop.

Apalagi hadirnya fitur-fitur canggih seperti AI Auto Framing, HDR, sampai mikrofon terintegrasi yang dimilikinya sangat menarik guna mendukung aktivitas meeting online kelas profesional.