Find Us On Social Media :

TikTok - Kemendikbudristek Tantang Kreator Kreasikan Konten Edukasi

By Indah PM, Selasa, 25 Oktober 2022 | 13:00 WIB

Penandatangan Nota Kesepahaman TikTok dan Kemendikbudristek RI untuk Kampanye #SerunyaBelajar.

Mengangkat semangat Sumpah Pemuda yang diperingati pada 28 Oktober, Kemendikbudristek bersama TikTok mengajak kaum muda untuk memperkuat semangat belajar dalam topik apa pun dan di mana pun melalui kampanye #SerunyaBelajar edisi terbaru.

Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Anang Ristanto, mengungkapkan bahwa melalui program #SerunyaBelajar yang diadakan oleh TikTok, pihaknya berharap wadah tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda untuk menggali potensi diri, tidak hanya di bidang akademik saja, namun juga kemampuan literasi digital yang baik.

"Kami mengajak teman-teman pelajar untuk belajar tidak hanya di sekolah, tapi juga memanfaatkan media-media sosial yang ada. Kami mewakili kemendikbudristek, berharap semoga kerjasama kita berjalan dengan baik dan lancar," tutur Anang.

Kategori konten edukasi di bawah tagar #SerunyaBelajar terus meningkat di TikTok dan telah memiliki lebih dari 13 miliar views. Hal ini menunjukkan adanya semangat belajar yang terus tumbuh di antara komunitas TikTok.

"Di TikTok, kami melihat bahwa belajar merupakan kegiatan yang dapat dilakukan dengan cara menyenangkan, mulai dari belajar hal-hal akademik maupun non-akademik, sehingga generasi muda dapat terus menjadi agen perubahan dan penggerak sektor kreatif di Indonesia," ujar Faris Mufid, Public Policy & Government Relations, TikTok Indonesia.

Kampanye #SerunyaBelajar terbaru menghadirkan rangkaian kegiatan seru untuk mendukung dan memberdayakan komunitas dalam menghasilkan karya kreatif dan positif di Indonesia.

Beberapa kegiatan tersebut di antaranya adalah kompetisi #SerunyaBelajar yang diadakan mulai 24 Oktober – 7 November 2022. Kompetisi atau hashtag challenge bagi pengguna TikTok berusia minimal 18 tahun untuk berbagi konten edukasi, termasuk edukasi terkait food, kecantikan dan fesyen, olahraga, game dan lainnya.

TikTok juga mengadakan bootcamp #SerunyaBelajar. Kegiatan pelatihan intensif untuk 100 kreator terbaik pemenang kompetisi #SerunyaBelajar pada 19 November 2022. Pelatihan ini akan diisi oleh sejumlah profesional yang diharapkan dapat membantu para kreator memaksimalkan platform digital untuk memberikan konten edukasi  yang kreatif dan bermanfaat bagi Indonesia.