Find Us On Social Media :

Lazada Hadirkan Fitur Promosi Berbayar untuk Brand dan Seller

By Dayu Akbar, Minggu, 30 Oktober 2022 | 11:30 WIB

Selain sebagai platform belanja yang menyediakan berbagai macam kebutuhan, kini e-commerce juga mengemban fungsi sebagai mesin eksplorasi produk untuk menemukan produk favorit dan tren terbaru. Sejalan dengan hal tersebut, Lazada Indonesia tawarkan fitur Promosi Berbayar Lazada yang mampu menjembatani perilaku konsumen pada ranah digital, inovasi dan perkembangan teknologi, serta kebutuhan promosi brand dan seller selaku penjual.Astrid Utari, Head of Marketing Solutions Lazada Indonesia menuturkan, “Berdasarkan survei internal yang dilakukan oleh Lazada, hampir separuh pelanggan e-commerce mendapatkan inspirasi berbelanja lewat apa yang mereka temukan melalui promosi iklan baik paid search, push notification, maupun live streaming.” “Demi senantiasa mendukung kemajuan bisnis para brand dan seller, Lazada pun menawarkan fitur Promosi Berbayar Lazada yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan promosi yang berbeda-beda,” lanjutnya.Fitur Promosi Berbayar Lazada memungkinkan brand dan seller untuk mengeksplorasi berbagai pendekatan promosi untuk mengembangkan tokonya di Lazada. Berangkat dari insight data dan algoritma yang terukur, fitur ini membantu penggunanya untuk menjangkau target konsumen yang sesuai dengan memanfaatkan tampilan produk di dalam aplikasi Lazada.

Astrid Utari, Head of Marketing Solutions Lazada Indonesia

Hingga saat ini, fitur Promosi Berbayar Lazada menawarkan dua jenis pendekatan yang bisa dipilih oleh brand dan seller, yakni:● Promosi Produk: fitur ini memungkinkan pengguna untuk meningkatkan exposure dan penampilan produk yang dipasarkan melalui laman Pencarian, Rekomendasi, dan Untukmu. Dalam aplikasinya, fitur ini bisa dioptimalkan dengan konfigurasi manual maupun otomatis. Pengguna hanya akan membayar biaya promosi pada iklan yang berhasil diklik oleh konsumen, sehingga pengeluaran pun lebih hemat dan efisien.● Promosi Afiliasi: fitur ini memungkinkan penggunanya untuk memasarkan produk secara eksternal di luar aplikasi Lazada, yaitu melalui mitra afiliator Lazada yang akan mengajak pembaca atau pengikut menuju laman produk tertentu menggunakan tautan.Berdasarkan laporan tersebut, 96% konsumen Lazada menggunakan fitur Pencarian di Lazada untuk menemukan produk yang mereka cari, yaitu fitur yang akan memudahkan konsumen dalam menemukan produk menggunakan kata kunci yang sesuai pada hasil pencarian. Laporan yang sama menunjukkan 95% konsumen memutuskan untuk membeli produk yang mereka temukan lewat fitur ini. Selain itu, 76% konsumen Lazada juga membeli produk sebagai hasil dari fitur Rekomendasi di Lazada.

Kiri ke kanan - Raymond Mario, Operational Manager Redshroom - Astrid Utari, Head of Marketing Solutions Lazada Indonesia

Mengamini hal tersebut, Raymond Mario, Operational Manager Redshroom Store, salah satu seller Lazada untuk produk alas kaki, khususnya sepatu boots, serta alas kaki lainnya mulai dari sepatu kasual hingga safety shoes berbagi pengalaman dalam mengoptimalkan fitur Promosi Berbayar Lazada, utamanya fitur Promosi Produk.“Selama menggunakan Promosi Berbayar Lazada, kami bisa semakin mengembangkan bisnis kami di tengah persaingan pasar yang semakin tinggi, terlebih 60% omzet penjualan kami datangnya dari Lazada. Setiap bulannya, ada budget tersendiri yang kami sisihkan untuk mempertahankan performa promosi kami, khususnya pada Promosi Produk. Pada saat kampanye 9.9 Trendy Brands Sale lalu, misalnya, penjualan Redshroom mengalami kenaikan hingga empat sampai lima kali dibandingkan dengan hari biasa. Promosi Berbayar Lazada tentunya berperan besar pada pencapaian ini,” ujar Raymond. “Melalui fitur Promosi Berbayar Lazada, kami bertujuan agar brand dan seller bisa mendapatkan imbal hasil yang maksimal. Sehingga tak sekadar meningkatkan exposure produk pada laman-laman yang ada di aplikasi, tetapi fitur ini juga mendorong brand dan seller dalam meningkatkan penjualannya karena telah menjangkau target konsumen secara tepat dan membawa hasil,” pungkas Astrid.