Find Us On Social Media :

Lebih dari 25 Juta Orang Indonesia Suka Nonton YouTube di TV

By Rafki Fachrizal, Senin, 31 Oktober 2022 | 16:15 WIB

Nonton YouTube di Televisi Kini Banyak Disukai Orang Indonesia.

Menonton tayangan YouTube kini banyak dilakukan banyak orang melalui perangkat televisi (TV).

Tak heran, berdasarkan data terbaru YouTube terungkap bahwa lebih dari 25 juta orang Indonesia men-streaming YouTube ke televisi mereka. Data ini dihimpun selama tahun 2022 saja.

Dalam acara Brandcast 2022, yang merupakan sebuah acara marketing tahunan oleh YouTube, platform ini mengumumkan bahwa 80% orang dewasa di kota-kota terbesar menonton YouTube di televisi mereka di rumah, yang biasa disebut sebagai "Connected TV."

Tiga vertikal konten teratas yang biasa mereka tonton adalah musik, hiburan, serta video tentang kesehatan fisik dan mental.

Bahkan, 87% pemilik smart TV menonton YouTube di Connected TV, dan hal ini telah mengubah cara orang Indonesia mendefinisikan TV, dengan 74% responden survei mengatakan bahwa YouTube adalah TV ketika mereka menyaksikannya di layar televisi.

“Mulai dari live streaming konser, video Shorts yang menyenangkan, hingga menonton Connected TV bersama keluarga dan teman, YouTube adalah satu-satunya platform cocok dengan begitu banyak kebutuhan dan suasana hati orang-orang di berbagai kategori, format, dan perangkat sepanjang hari,” kata Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google Indonesia.

Masih berdasarkan data YouTube, pada Februari 2022, masyarakat Indonesia rata-rata menonton YouTube selama 26,4 jam per bulan di aplikasi Android.

Pada Q1 2022, watch-time (year-on-year, or YoY) tumbuh secara signifikan untuk: Video tim sepak bola Indonesia naik 400% YoY; Video renovasi naik 70% YoY, dan; Watch-time untuk video Motivasi Kebugaran Wanita naik 100% YoY.

YouTube Works Awards 2022

Bekerja sama dengan Kantar dan Persatuan Periklanan Indonesia, YouTube Works Awards, sebuah acara penghargaan yang mengapresiasi dan merayakan campaign-campaign iklan paling menarik, efektif, dan kreatif diadakan untuk kedua kalinya di Indonesia.

Ada 243 kiriman dari berbagai industri di Indonesia termasuk yang menggunakan metode konvensional hingga digital-native dalam acara penghargaan ini, dengan Blibli meraih penghargaan tertinggi pada tiga dari tujuh kategori.

Para pemenang YouTube Works Awards 2022 adalah:

Marlen Deine, SVP Brand Strategy Blibli, mengatakan “Blibli bekerja sama dengan Dentsu Creative Indonesia meluncurkan kampanye Bliblihome pada pertengahan tahun 2022. Kami menggunakan YouTube sebagai saluran media utama kami dan kampanye ini berjalan sangat mengesankan. Dari perspektif metrik merek, kami melihat peningkatan minat pembelian sebesar +13%. Dari perspektif dampak bisnis, kampanye ini berhasil mendorong peningkatan pengunjung baru sebesar 187% dan peningkatan penjualan sebesar 50%."

Baca Juga: Duh! Inflasi Bikin Pemasukan Iklan YouTube dan Google Anjlok