Find Us On Social Media :

Mengenal AWS Smart City Competency, Cara Cepat Membangun Kota Cerdas

By Wisnu Nugroho, Selasa, 1 November 2022 | 07:05 WIB

Ilustrasi smart city

Amazon Web Services (AWS) baru-baru ini mengumumkan kehadiran AWS Smart City Competency, sebuah program untuk membantu pemerintah kota membangun kota cerdas. Melalui program ini, pemerintah kota dapat memilih mitra AWS yang kompeten dan berpengalaman dalam menjawab berbagai permasalahan kota.

AWS sendiri telah menyediakan halaman khusus untuk mitra yang tergabung di AWS Smart City Competency. Di sana, ada deretan mitra AWS yang dibagi ke dalam beberapa kategori solusi. Contohnya City Citizen Services, Smart Urban Energy, Smart Urban Transportation, dan lain sebagainya. 

AWS menyebut, mitra yang masuk program ini telah dikurasi dari sisi model penyampaian dan keterampilan teknis. Para mitra ini juga terbukti berhasil membantu pelanggan dalam menyelesaikan permasalahan terkait smart city. Dengan kata lain, pemerintah kota akan mendapatkan mitra terpercaya dalam menjalankan program smart city-nya.

Solusi yang Teruji

Salah satu mitra yang masuk AWS Smart City Competency adalah Elitery. Perusahaan asal Indonesia ini mengembangkan aplikasi smart city yang disebut SiPANDU dan SiPANON yang telah digunakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Pemprov Jawa Barat menggunakan SiPANDU untuk menjawab pertanyaan warga seputar pandemi Covid-19. SiPANDU ini dibangun di platform WhatsApp dengan tujuan memudahkan masyarakat yang sudah familiar dengan aplikasi berkirim pesan tersebut. SiPANDU ini juga telah telah dilengkapi fitur chatbot sehingga pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ) dapat langsung dijawab oleh chatbot tersebut. Hal ini berujung pada peningkatan efisiensi maupun kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Sementara SiPANON adalah sistem untuk traffic monitoring dan analytics. Dengan mengkombinasikan kamera CCTV dan teknologi Machine Learning, SiPANON dapat mendeteksi situasi di jalan. Contohnya menghitung jumlah dan jenis mobil yang melintas maupun mendeteksi pelanggaran lalu-lintas yang terjadi (seperti motor yang melawan arah atau bis yang ngetem). 

Jeff Kratz (General Manager Worldwide Public Sector Partner AWS) menyebut, Smart City Competency menunjukkan komitmen AWS dalam membantu pemerintah kota meningkatkan kualitas hidup warga. “Mitra AWS ini akan membantu pelanggan mempercepat dan mengoptimalkan reformasi perkotaan serta meningkatkan mutu kehidupan warga,” ungkap Jeff dalam sebuah wawancara eksklusif dengan InfoKomputer.

Dengan kolaborasi seperti ini, setiap pihak pun dapat bekerja optimal di kompetensinya masing-masing. Pemerintah kota dapat fokus mengidentifikasi permasalahan yang ingin diselesaikan, sementara mitra AWS dapat mengembangkan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Jeff pun menjamin, kolaborasi yang terjadi tetap akan menghormati regulasi di Indonesia, termasuk keamanan data.

“Kami berkolaborasi erat dengan pemerintah Indonesia untuk mempercepat inovasi dan mendigitalisasi layanan masyarakat melalui pemanfaatan infrastruktur bertaraf global, rangkaian tools dan layanan yang paling mendalam, dan standar-standar keamanan yang tertinggi," tambah Jeff.