Find Us On Social Media :

AMD Luncurkan Dua Kartu Grafis Baru dengan Arsitektur AMD RDNA 3

By Dayu Akbar, Sabtu, 5 November 2022 | 13:30 WIB

AMD resmi meluncurkan dua kartu grafis baru yang dibangun di atas arsitektur AMD RDNA 3 yaitu AMD Radeon RX 7900 XTX dan Radeon RX 7900 XT. Hadirnya dua seri ini jadi kartu grafis gaming pertama di dunia yang menampilkan desain chiplet AMD.Kartu grafis hemat energi dengan performa tinggi canggih ini memberikan performa menakjubkan dan efisiensi energi yang luar biasa untuk mentenagai 4K framerate tinggi dan gaming resolusi lebih tinggi di judul-judul game yang paling berat.       Desain chiplet arsitektur AMD RDNA 3 menggabungkan node proses 5nm dan 6nm, masing-masing dioptimalkan untuk pekerjaan tertentu. Terobosan arsitektur memberikan performa lebih tinggi hingga 54% per watt dibandingkan arsitektur AMD RDNA 2 , dan menampilkan interkoneksi terkencang di dunia yang menghubungkan chiplet sistem grafis dan memori hingga 5,3 TB/s.

Selain itu juga menawarkan hingga 96 unit komputasi terpadu baru, teknologi AMD Infinity Cache generasi kedua, dan memori GDDR6 berkecepatan tinggi hingga 24 GB dengan antarmuka memori hingga 384-bit.

Ini juga mencakup peningkatan throughput AI yang menghasilkan performa AI hingga 2,7X lebih tinggi, dan teknologi raytracing generasi kedua yang memberikan performa raytracing hingga 1,8X lebih tinggi dibanding arsitektur AMD RDNA 2.    

Secara keseluruhan, fitur dan kemajuan ini memberikan peningkatan performa hingga 1,7X di judul tertentu pada 4K dibandingkan dengan arsitektur AMD RDNA 2 . Kartu grafis baru ini juga mendukung tampilan DisplayPort 2.1 yang mampu menghadirkan framerate ultra-tinggi dan visual memukau hingga refresh rate 4K 480Hz dan 8K 165Hz.  

Harga dan Ketersediaan

Kartu grafis AMD Radeon RX 7900 Series diharapkan akan tersedia dari AMD.com mulai 13 Desember 2022, dan dari mitra terkemuka termasuk ASRock, ASUS, Biostar, Gigabyte, MSI, PowerColor, Sapphire, Vastarmor, XFX dan Yeston mulai awal pertengahan Desember. AMD Radeon RX 7900 XTX memiliki harga SEP $999 USD, sedangkan AMD Radeon RX 7900 XT memiliki harga SEP $899 USD.