Find Us On Social Media :

Kunci Sukses Realme Kembali Tembus Lima Besar Pasar HP di Indonesia

By Adam Rizal, Kamis, 10 November 2022 | 11:30 WIB

Peluncuran realme 10 Beat The Competition.

Sempat terlempar, akhirnya firma riset Canalys melaporkan Realme kembali masuk lima besar penguasa pasar smartphone di Indonesia selama kuartal tiga (Q3) 2022.

Public Relation Manager Realme Indonesia, Krisva Angnieszca mengataskan rahasia realme kembali tembus ke peringkat lima karena realme getol meluncurkan HP murah atau ponsel entry level seperti Realme C30 dan Realme C33.

"Kalau tadi ditanya produk apa, di Q3 ini kami meluncurkan produk seperti Realme C30 dan Realme C33," katanya. Vava, sapaan akrabnya mengatakan produk-produk HP murah itu bisa memenuhi permintaan dari masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan Realme C30 dan C33 memiliki performa bagus dengan harga sekitar Rp 1-2 juta.

Vava mengungkapkan Realme selalu menerapkan strategi jangka panjang. "Biasanya smartphone mungkin tiap tahun ganti. Tetapi sekarang masyarakat lebih memilih ponsel yang berumur 2-3 tahun untuk kemudian diganti," tutur dia.

"Di situlah akhirnya kami memfokuskan untuk meluncurkan produk yang memang bisa lebih awet atau bisa dipakai untuk jangka panjang. Dari sanalah yang bikin kami balik lagi ke Top 5," jelasnya.

Riset Canalys mengungkap kalau Realme berhasil kembali masuk ke peringkat lima di Q3 2022 ini. Sebelumnya posisi itu diisi oleh Transsion, produsen ponsel asal China yang membawahi Tecno, Infinix, dan Itel.

Adapun posisi pertama diisi oleh Oppo dengan pangsa pasar 23 persen. Mereka sukses menyalip Samsung yang sebelumnya ada di posisi teratas.

Di posisi kedua ada Samsung dengan pasar sebesar 21 persen, disusul Vivo degnan 20 persen, lalu Xiaomi (13 persen) dan Realme (12 persen).