Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Mengatasi STB TV Digital yang Sulit Tangkap Sinyal?

By Adam Rizal, Jumat, 11 November 2022 | 15:30 WIB

Set Top Box TV Digital

Banyak pengguna mengeluhkan Set Top Box (STB) miliknya sulit menangkap siaran televisi (TV) digital.

Sebelumnya, pemerintah RI resmi menyuntik mati TV analog dan mengalihkan ke TV digital melalui program Analog Switch Off (ASO).

Berikut cara mengatasi STB yang sulit menangkap siaran TV digital:

1. Kualitas Antena

TV dan STB perlu antena untuk menangkap siaran digital, termasuk mengenai lokasi dan ukurannya yang berpengaruh. Jika berada pada area yang sekelilingnya ada gedung tinggi, jangan menggunakan antena berukuran lebih kecil karena akan kesulitan mendapatkan sinyal yang kuat.

2. Posisi Antena

Posisi antena juga memengaruhi kemampuan perangkat mendapatkan sinyal karena antena yang bergerak sedikit, maka akan mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima. Selain itu, antena bisa saling berebut sinyal dengan antena lain. Karena itu perlu diberi jarak antara antena digital.

3. Masalah Kabel

Selain itu, Anda harus memperhatikan sambungan kabel antar antena dan STV/TV digital. Apabila komponen jack atau colokan rusak karena kotor atau penyok dan tidak tersambung sempurna maka bisa membuat sinyal tidak bisa televisi tangkap secara baik.

4. Setelan STB

Masalah juga bisa berasal dari setelan STB karena setiap perangkat STB punya setelan yang berbeda. Jadi ada baiknya sebelum menggunakannya baca buku panduannya terlebih dulu untuk memastikan pengaturan telah tepat.

Jangan lupa juga hanya membeli STB yang resmi dan tersertifikasi dari Kominfo.