Find Us On Social Media :

Hands-on Acer Aspire Vero National Geographic: Daur Ulang yang Kencang

By Dayu Akbar, Senin, 14 November 2022 | 19:00 WIB

Menggandeng National Geographic, Acer meluncurkan laptop dengan konsep eco friendly yang cukup unik. Mengusung nama lengkap Acer Aspire Vero National Geographic Edition, laptop ini hadir dengan tampilan menarik, eye catching, unik dan berbeda dengan laptop pada umumnya. Tidak hanya dari sisi desain, untuk urusan performa, Acer mempersenjatai dengan spesifikasi yang mumpuni sebagai penunjang aktivitas keseharian. Guna melihat seperti apa tampilan dan spesifikasinya, berikut ulasan singkatnya:Kemasan dari Bahan Daur Ulang Ramah LingkunganKonsep ramah lingkungan tidak sekedar gimmick dan Acer tidak main-main dengan komitmennya untuk berkontribusi pada lingkungan. Hal ini ditunjukkan pada kemasan laptop yang memanfaatkan 100% material plastik daur ulang dan recyclable. Acer membuat desain kotak ini agar bisa dipakai kembali dan tidak perlu dibuang. Hal ini membuat keunikan tersendiri untuk pengemasannya. Di bagian kotaknya juga terdapat pula logo khas kotak kuning milik National Geographic dan di bagian dalamnya terdapat miniatur beruang kutub yang mewakili lingkungan hidup.

Tidak hanya itu, buku panduannya juga terbuat dari kertas daur ulang dan tinta nya pun terbuat dari tinta keledai. Dalam kemasannya, pelanggan juga akan mendapatkan sticker yang lucu-lucu dan tentunya bermaterial ramah lingkungan dari Acer.Konsep unik inilah yang membuat Acer berhasil mendapatkan penghargaan Red Dot 2021 Brand Communication Packaging Award.Desain dan LayarMaterial daur ulang tidak hanya terdapat pada kotak pengemasannya saja, tetapi juga ada pada material laptopnya. Sasis laptop ini terbuat dari 30% material plastik Post Consumer Recycled (PCR) dan 50% pada bagian keycaps nya.

Selain itu, Acer mendesain laptop ini dengan bentuk yang ringkas dan tipis agar memudahkan pengguna untuk membawanya. Aspire Vero National Geographic memiliki ketebalan bodi 17,9 mm dan berat yang hanya 1,8 kg. Dimensi ini masih terbilang cukup ringkas dan pas dimasukkan dalam ransel saat dibawa.Pada bagian cover laptopnya, Acer Aspire Vero National Geographic Edition ini punya desain yang sangat unik. Terdapat garis topografi yang ternyata menggambarkan sebuah pesan mengenai lingkungan. Menurut penjelasan dari Acer, garis-garis ini menyinggung soal pemanasan global yang mengakibatkan naiknya permukaan laut.

Laptop ini hanya hadir dengan warna dasar abu-abu dan terdapat corak titik-titik berwarna kuning. Menariknya, ternyata warna dan corak dari laptop ini adalah warna asli karena tanpa menggunakan cat sama sekali.Bagi keyboard dibuat sedikit berbeda dimana huruf R dan E dicetak secara terbalik. Acer sengaja memberikan sentuhan khusus pada pada dua tombol keyboard tersebut yang memiliki arti  REduce, REuse, and REcycle sesuai dengan konsep yang dibawa oleh laptop ini.

Logo National Geographic juga tercetak di bagian kanan bawah keyboard. Sebuah tagline tertera di bagian tombol spasi yang bertuliskan “For Planet Earth”. Keyboardnya sudah dilengkapi dengan LED backlit yang memudahkan pengguna untuk mengakses tombol-tombolnya meski dalam ruangan yang gelap. Hanya saja, LED backlit nya hanya memiliki 1 tingkat kecerahan saja.

Beralih pada layar, Acer menggunakan panel IPS dengan ukuran 15,6 inci Full HD. Secara kualitas jelas sudah mampu menampilkan gambar yang jernih dengan detail. Acer turut menyertakan 65% sRGB untuk akurasi warna yang tinggi dan tingkat kecerahan layar yang bisa mencapai 300 nits. Walaupun belum 100% sRGB, tapi persentase tersebut sudah cukup di laptop ini. Mengenai jumlah port yang tersedia, Acer menyediakan port HDMI 2.0, port USB Type-A 3.2 Gen 1, port USB Type C 3.2, port USB Type A 2.0, jack audio 3,5 mm, dan port RJ-45.SpesifikasiSelain desainnya yang unik, Acer Aspire Vero National Geographic Edition ini juga memiliki performa yang cukup mumpuni. Laptop ini telah didukung oleh prosesor Intel Core i5-1155G7 yang masuk jajaran kategori prosesor Intel generasi ke-11. Prosesor ini memiliki total 4 cores dan 8 threads, dengan clock speed yang mencapai 4.50 GHz.Kartu grafisnya menggunakan Intel Iris Xe. Kinerjanya didukung dengan RAM berjenis DDR4 dengan kapasitas 8 GB. Untuk media penyimpanannya mengandalkan SSD yang menawarkan performa cepat dan memiliki ruang 512 GB. Dengan spesifikasi ini, Acer Aspire Vero National Geographic Edition cocok digunakan untuk kegiatan pekerjaan sehari-hari, seperti penggunaan aplikasi Microsoft Office, browsing, streaming film, membuat artikel, dan lain sebagainya.Sementara untuk daya tahan baterainya cukup awet. Dengan kapasitas 53 Whr, baterainya diklaim mampu bertahan hingga 9 jam 15 menit. Daya tahan yang cukup lama dan aman saat diajak bekerja tanpa terhubung ke listrik.

Mengenai aplikasi Office, Acer memberikan bonus gratis aplikasi Office Home and Student senilai Rp. 1,7 juta. Selain itu Acer juga memberikan bonus lainnya berupa sistem operasi Windows 11 Home, yang membuat laptop ini bisa langsung Anda gunakan tanpa perlu repot menginstall OS lagi setelah membeli laptopnya.Harga dan KetersediaanBagi Anda yang ingin merasakan pengalaman berbeda dalam menggunakan laptop, Acer Aspire Vero National Geographic Edition menawarkan sesuatu yang unik dan cocok bagi Anda yang peduli dan cinta terhadap lingkungan. Selain desain unik yang berbeda, laptop ini sudah dipersenjatai prosesor Intel Core generasi 11 berperforma tinggi. Acer Aspire Vero National Geographic Edition bisa didapat melalui toko offline dan online atau di website resmi Acer e-Store Indonesia dengan harga Rp10.999.000.Sebagai informasi, ketika membeli laptop ini Anda akan berkontribusi pada organisasi non profit global, National Geographic Society yang memiliki misi melindungi dunia melalui eksplorasi, penelitian dan pendidikan.