Find Us On Social Media :

Razer Leviathan V2 X, Soundbar Mantap Satu Jutaan untuk PC Gaming

By Dayu Akbar, Kamis, 17 November 2022 | 08:00 WIB

Sebagai brand yang fokus pada kebutuhan gaming, Razer meluncurkan varian soundbar terbarunya yang punya nama lengkap Razer Leviathan V2 X. Soundbar ini hadir sebagai pilihan bagi Anda yang ingin menghadirkan suara mantap dengan harga terjangkau serta desain ringkas.Secara khusus Razer Leviathan V2 X ditujukan untuk pengguna PC. Namun dengan dukungan konektivitas yang ada, soundbar ini ternyata juga bisa dihubungkan ke laptop, smartphone, ataupun tablet.Perlu diketahui bahwa Razer juga punya varian lain dari seri ini yang punya nama lengkap Razer Leviathan V2 (tanpa X). Bedanya, seri tanpa X dilengkapi dengan subwoofer sementara seri V2 X hadir tanpa subwoofer dan hanya berupa speaker soundbar saja.Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Razer Leviathan V2 X, berikut ulasan singkatnya.Desain

Paket penjualannya punya bentuk yang sesuai dengan unit soundbar yaitu memanjang. Sebagai brand yang cukup premium, selain unit soundbar, kelengkapan didalamnya hanya terdapat kabel USB type-C dan kertas manual saja.Dan layaknya soundbar pada umumnya, Razer Leviathan V2x punya dimensi memanjang berukuran 40 mm. Dengan berat 845 gram, dimensi ini membuatnya ringkas dan gampang dibawa atau ditempatkan di meja kerja. Posisi dibawah monitor PC pun cukup ideal karena posisi keluaran suara akan pas dengan posisi duduk pengguna yang menghadap layar monitor.

Soundbar ini punya tombol fisik yang ditempatkan di sisi atas. Ada lima tombol yang terdiri dari tombol switch connection untuk berpindah koneksi antara kabel dan nirkabel, tombol bluetooth untuk melakukan pairing, tombol power, volume down untuk mengecilkan suara, dan volume up untuk membesarkan suara.

Bagi yang suka dengan nuansa warna-warna RGB, sisi bawah bagian depan terdapat LED RGB yang akan aktif saat soundbar dinyalakan. LED RGB ini bisa diatur pencahayaannya melalui software yang tersedia untuk PC ataupun mobile.Fitur

Untuk keluaran suara, soundbar ini dilengkapi dengan dua driver besar dan dua radiator pasif. Hal ini membuat Razer Leviathan V2 X mampu menghasilkan kejernihan dan kedalaman resonansi untuk pengalaman audio terbaik pada semua keperluan entertainment.

Untuk koneksi kabel, bagian belakang terdapat port USB type-C yang juga berguna sebagai penyuplai daya. Jadi pengguna tidak akan direpotkan lagi dengan adanya adaptor tambahan. Port USB ini mendukung fitur power delivery yang artinya selain berguna sebagai penyuplai daya, juga sebagai penghubung audio dengan output volume 90dB pada jarak 1 meter. Sementara dukungan nirkabel pun dimungkinkan berkat dukungan koneksi bluetooth versi 5.0.

Pilihan dua koneksi tersebut tidak hanya membuatnya bisa terhubung ke PC atau laptop saja, tetapi juga smartphone. Khusus untuk smartphone, berbekal kabel USB type-C bawaan, Anda tinggal menghubungkannya dengan port USB type-C dari smartphone. Tanpa pengaturan lainnya, soundbar langsung bisa digunakan sehingga cukup ringkas.

Sementara jika smartphone tidak memiliki port USB type-C atau masih menggunakan port micro USB, Anda bisa menghubungkannya menggunakan koneksi bluetooth. Begitu pula ketika ingin dihubungkan dengan PC atau laptop. Tapi ingat, karena tidak memiliki baterai internal, maka soundbar ini tetap mesti terhubung ke listrik mengunakan port USB type-C yang tersedia.Software

Sebenarnya Razer Leviathan V2 X bisa langsung aktif setelah terhubung tanpa bantuan software. Namun Razer menyediakan dukungan software agar pengguna bisa melakukan pengaturan konfigurasi dengan mudah. Untuk PC atau laptop, Anda bisa memasang Razer Synapse yang merupakan software dari ekosistem Razer sehingga juga bisa digunakan pada perangkat Razer lainnya.

Dan untuk smartphone, Anda bisa menggunakan software Razer Audio. Dua software ini mesti diunduh sendiri dari situs resmi Razer.Secara umum, keduanya memungkinkan Anda untuk mengatur beberapa fitur dari Razer Leviathan V2 X, seperti menentukan preset yang tersedia ataupun mengatur equalizer secara manual. Dari sini, Anda juga bisa mengatur pencahayaan LED RGB yang mendukung hingga 14 zona pencahayaan.

Harga dan ketersediaan

Razer Leviathan V2 X dibanderol dengan harga Rp1.699.000 dan tersedia melalui Razer.com, RazerStores, dan distributor resmi di Indonesia.