Find Us On Social Media :

TP-Link Tegaskan Sejumlah Manfaat IP Camera dan Cara Memilihnya

By Cakrawala, Jumat, 18 November 2022 | 22:30 WIB

TP-Link menegaskan sejumlah manfaat dari IP camera dan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilihnya. TP-Link memlalui submerek Tapo dan VIGI pun menawarkan berbagai produk IP camera.

TP-Link beberapa hari lalu di Jakarta menegaskan sejumlah manfaat dari video surveillance. Populer juga dengan sebutan CCTV (closed-circuit television), TP-Link menyebutkan video surveillance bisa meningkatkan rasa aman. Pasalnya, video surveillance yang kini banyak memakai IP camera bisa membantu memantau segala aktivitas yang terjadi di suatu area. Hal tersebut bisa meningkatkan pengawasan serta dapat menjadi pencegah suatu pihak melakukan hal yang tidak diinginkan seperti pencurian.

Bukan hanya sebelum kejadian yang tidak diinginkan, video surveillance pun sangat bermanfaat pascakejadian yang tidak diinginkan. Rekaman dari IP camera misalnya bisa dijadikan barang bukti tatkala melapor ke pihak yang berwajib mengenai hal yang tidak diinginkan seperti pencurian. Begitu pula untuk me-review suatu kejadian agar lebih jelas mengenai apa yang sebenarnya terjadi.

TP-Link sendiri melalui submerek Tapo dan VIGI menawarkan berbagai produk IP camera. TP-Link meyakini aneka produk Tapo dan VIGI bisa membantu masyarakat Indonesia, baik pengguna rumahan maupun pengguna bisnis untuk meningkatkan rasa aman di lingkungannya. TP-Link menambahkan Tapo ditujukan untuk rumah, kos-kosan, apartemen, dan wilayah perumahan lainnya; sedangkan VIGI ditujukan untuk gedung, toko, gudang, restoran, dan sejenisnya. Dengan kata lain Tapo untuk pengguna rumahan, sedangkan VIGI untuk pengguna bisnis.

“Kami harapkan kehadiran Tapo dan VIGI dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan keamanan rumah maupun bisnisnya, sehingga memberikan kenyamanan di mana saja dan kapan saja,” ujar Aulya Elyasa (Marketing Manager TP-Link Indonesia).

Tak hanya itu, TP-Link juga membagikan cara memilih IP camera; beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih IP camera. TP-Link menyebutkan yang pertama harus dilakukan adalah menyesuaikan dengan kebutuhan; apakah untuk dipasang di rumah atau di lokasi bisnis. Kedua, di mana tempat pemasangannya; apakah di dalam ruangan atau di luar ruangan. Ketiga, ketahui spesifikasi dan fitur yang diperlukan. Sementara, keempat, sesuaikan dengan bujet.

“Surveilans merupakan salah satu variabel penting untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan. TP-Link Indonesia memahami hal tersebut, dengan Sub Brand TAPO & VIGI, TP-Link memiliki banyak varian product CCTV dengan harga bersaing dan kualitas terbaik,” kata Aulya Elyasa.

TP-Link menyebutkan Tapo memiliki varian yang beragam, seperti Home Security Camera, Pan/Tilt Home Security Camera, dan Outdoor Security Camera. Begitu pula dengan VIGI yang antara lain memiliki Outdoor Full-Color Bullet Network Camera, Turret Network Camera, dan Full Color Turret Network Camera. Berhubung untuk bisnis, VIGI pun menawarkan NVR (network video recorder) sampai lima belas kanal.

Begitu juga dengan berbagai fasilitas menarik yang ditawarkan. Tapo menawarkan produk-produk IP camera yang misalnya bisa digunakan untuk komunikasi dua arah berhubung dilengkapi speaker dan mikrofon, memiliki night vision, dan mendukung motion detection. Sementara, VIGI contohnya dilengkapi dengan night vision, smart IR, dan smart detection.