Find Us On Social Media :

MediaTek Umumkan Dua SoC Kompanio Baru untuk Chromebook Entry-level

By Cakrawala, Senin, 21 November 2022 | 10:00 WIB

MediaTek umumkan dua SoC baru untuk Chromebook entry-level, yakni Kompanio 520 dan Kompanio 528. MediaTek Kompanio 528 menawarkan kinerja yang sedikit lebih tinggi dari MediaTek Kompanio 520.

MediaTek belum lama ini di Amerika Serikat mengumumkan dua SoC — populer juga disebut chipsetKompanio baru yang ditujukan untuk Chromebook. Kedua SoC itu adalah MediaTek Kompanio 520 dan MediaTek Kompanio 528. MediaTek mengeklaim keduanya bisa memberikan Chromebook entry-level peningkatan kinerja dan daya tahan baterai dibandingkan sebelumnya.

MediaTek menegaskan Chromebook yang ditenagai Kompanio 520 dan Kompanio 528 bisa membolehkan pengguna menjelajahi internet, bermain cloud game, menonton video secara streaming, dan menjalankan aneka aplikasi tanpa perlu khawatir kehabisan energi baterai. Pasalnya, keduanya diklaim memungkinkan baterai Chromebook bersangkutan untuk bertahan seharian tanpa perlu diisi ulang energinya.

“Efisiensi daya yang ditingkatkan, kinerja cepat, serta konektivitas andal adalah esensi dari pengalaman pengguna yang luar biasa, dan itulah yang benar-benar dihadirkan oleh chipset Kompanio dari MediaTek,” ujar PC Tseng (General Manager dari Unit Multimedia Business di MediaTek). “Sebagai perusahaan penyedia Chromebook berbasis Arm No. 1, MediaTek membuat fitur AI, konektivitas, tampilan, fitur pencitraan terbaru dapat diakses di setiap titik harga,” tambahnya.

Sejalan dengan namanya yang tidak berbeda jauh, MediaTek Kompanio 520 dan MediaTek Kompanio 528 memiliki spesifikasi yang mirip. Keduanya sama-sama memiliki CPU yang mengandung dual core Arm Cortex-A76 dan hexa core Arm Cortex-A55. Namun, bila dual core Arm Cortex-A76 pada MediaTek Kompanio 520 memiliki frekuensi kerja alias clock sampai 2 GHz; dual core Arm Cortex-A76 pada MediaTek Kompanio 528 memiliki frekuensi kerja sampai 2,2 GHz alias lebih tinggi.

Sementara, untuk frekuensi kerja hexa core Arm Cortex-A55-nya, keduanya sama-sama mengandung hexa core Arm Cortex-A55 sampai 2 GHz. Adapun untuk GPU-nya, baik MediaTek Kompanio 520 maupun MediaTek Kompanio 528 menggunakan Arm Mali G52 MC2 2EE. MediaTek tidak menyebutkan frekuensi kerja dari Arm Mali G52 MC2 2EE ini. Meskipun begitu, MediaTek memastikan Kompanio 520 maupun Kompanio 528 juga dioptimalkan untuk daya alias hemat daya.

MediaTek menambahkan Kompanio 520 dan Kompanio 528 turut dilengkapi dengan APU (AI processing unit). Seperti namanya, APU dual core ini bisa mengakselerasi beban kerja AI tertentu, termasuk untuk fitur AI pada kamera. Kameranya sendiri, MediaTek Kompanio 520 dan MediaTek Kompanio 528 mendukung kamera dengan sensor sampai 32 MP. Sementara, untuk videonya, keduanya mendukung perekaman video sampai Full HD 60 fps. Terdapat juga DSP (digital signal processor) untuk pengolahan audio dari mikrofon secara hemat daya.

Adapun dukungan memorinya, MediaTek Kompanio 520 dan MediaTek Kompanio 528 mendukung memori utama LPDDR4x sampai 3.733 MT/s dan mendukung media simpan sampai eMMC 5.1. Sementara, untuk displai dan USB, kedu SoC ini mendukung displai sampai 2.520 x 1.080 piksel @ 60 Hz serta 1 porta USB 3.0 dan 1 porta USB 2.0.

MediaTek menyebutkan Chromebooks yang ditenagai Kompanio 520 and Kompanio 528 akan tersedia di pasar dunia pada semester pertama tahun depan.