Find Us On Social Media :

Hands-on Redmi Pad: Tablet Pertama Seri Redmi Harga Tiga Jutaan

By Dayu Akbar, Senin, 21 November 2022 | 08:00 WIB

Xiaomi resmi meluncurkan perangkat tablet pertama dari lini Redmi, yaitu Redmi Pad. Tablet kelas entry-level yang tergolong powerful ini hadir dengan kemampuan audio visual terbaik di kelasnya. Ditujukan bagi pelajar, ibu rumah tangga, maupun orang dewasa pada umumnya yang hendak memiliki tablet sebagai perangkat pelengkap smartphone, Redmi Pad menawarkan berbagai unggulan untuk kebutuhan seperti menonton, menikmati musik, menjelajah media sosial maupun bermain game.Untuk itu kami akan mengulas seperti apa fitur-fitur yang ditawarkannya. Namun perlu diketahui bahwa ulasan singkat ini menggunakan Redmi Pad versi global. Namun pihak Xiaomi memastikan bahwa semuanya mirip dan hanya berbeda pada kapasitas memori saja. Jika versi global ini memiliki RAM 4+2 GB dan storage 128 GB, maka versi resmi yang meluncur di Indonesia adalah versi RAM 6+2 GB dan storage 128 GB.DesainMeski seri Redmi yang menyasar segmen menengah, nyata Redmi Pad memiliki desain mewah di kelasnya. Material yang digunakannya menggunakan bahan metal unibody berkualitas dengan build quality premium yang sesuai dengan standar produk flagship.Berkat desain yang ramping dengan ketebalan hanya 7.05mm dan berat hanya 445 gram, Redmi Pad tetap nyaman saat digenggam maupun dibawa kemana pun. Redmi Pad hadir dengan dua pilihan warna yaitu Graphite Gray, dan Moonlight Silver.

Penempatan tombol ada di bagian ujung tablet, seperti tombol Power. Di sisi lainnya terdapat tombol Volume yang berdekatan dengan slot microSD serta dua lubang mikrofon. Sementara sisi bawah (jika dalam posisi landscape), terdapat port USB type-C untuk mengisi daya. Guna menunjang audio yang lebih mantap, Redmi Pad mengadopsi empat speaker. Dua speaker di sisi bawah dan dua di sisi atas ditunjang dengan sistem audio dari Dolby Atmos. Posisi ini mantap meski tablet dalam posisi landscape ataupun portrait.

LayarRedmi Pad memiliki layar yang cukup memanjakan mata. Dengan ukuran 10,61 inci, resolusi yang dimilikinya cukup tinggi yaitu 2K atau 2000 x 1200 pixels. Spesifikasi layar ini mampu menghasilkan satu miliar warna untuk menghasilkan detail yang lebih tajam dibandingkan tablet sekelasnya. Untuk tingkat responsif-nya dipersenjatai dengan refresh rate 90Hz sehingga berbagai kegiatan seperti menonton, mendengarkan musik, browsing, scrolling, maupun bermain game jadi makin mulus.

Untuk memberikan kenyamanan mata, Redmi Pad juga telah memiliki built-in blue light reduction yang juga telah mendapatkan sertifikasi low light dari TÜV Rheinland dan menjadi tablet pertama di dunia yang menerima sertifikasi SGS Low Visual Fatigue, sehingga Redmi Pad tetap nyaman dan aman untuk mata saat digunakan dalam waktu yang lama maupun dalam kondisi kurang cahaya.

Tidak ketinggalan terdapat mode split screen yang akan membagi layar berukuran besar menjadi beberapa frame. Pengguna bisa melihat dengan jelas semua informasi di satu tempat. Dengan split screen, pengguna juga bisa drag dan drop aplikasi dengan cepat tanpa perlu pindah layar. Kamera

Redmi Pad masing-masing punya satu kamera di depan dan belakang dengan resolusi 8 MP. Kamera pada perangkat tablet memang tidak sebagus kamera smartphone saat ini. Namun fungsinya tetap dibutuhkan dan Redmi Pad sudah mumpuni untuk kebutuhan memotret standar. Kamera belakangnya bisa digunakan untuk merekam video hingga resolusi 1080p@30fps. Xiaomi juga menyematkan foto mode malam untuk kebutuhan memotret di malam hari atau kondisi low-light.

Meski tetap bisa digunakan untuk memotret, namun untuk perangkat tablet, kamera memang lebih ideal digunakan untuk melakukan video call untuk berbagai kebutuhan, misalnya saja meeting online. Khusus kamera depan, dilengkapi dengan lensa ultra lebar sampai 105° serta memiliki teknologi FocusFrame yang mampu secara otomatis merubah tampilan menjadi lebih luas. Xiaomi juga menyertakan fitur Short Video yang bisa digunakan pada kamera depan dan belakang. Fitur ini memungkinkan untuk merekam video selama 15 detik dan membagikannya di beberapa platform video atau sosial media.SpesifikasiRedmi Pad menjadi salah satu tablet dengan performa terbaik di kelasnya dan mampu menjalankan berbagai aplikasi maupun game. Hal ini berkat prosesor terbaru dan bertenaga MediaTek Helio G99, dengan proses fabrikasi 6nm dan kecepatan hingga 2.2GHz.  Seperti disebut sebelumnya, versi resmi yang meluncur di Indonesia, Redmi Pad didukung memori terbaik LPDDR4X + UFS 2.2 dan terbesar di kelasnya melalui RAM 6GB dengan fitur ekspansi RAM hingga 2GB, serta ROM berkapasitas 128GB yang mendukung penyimpanan eksternal MicroSD hingga 1TB.

BateraiPerforma juga didukung oleh baterai super besar 8000mAh sehingga berbagai aktivitas seperti menonton film favorit, mendengarkan musik, bermain game, atau menjelajah media sosial dapat dijalankan sepanjang hari.

Baterai tersebut diklaim mampu menjalankan game secara nonstop hingga 12 jam dan pemutaran video nonstop hingga 21 jam.

Untuk mengisi daya, Xiaomi telah melengkapi Redmi Pad dengan fitur fast charging 18 watt. Dan menariknya, paket penjualannya telah menyediakan kepala charger dengan dukungan daya 22,5 watt. Ini tentu makin mengoptimalkan fitur fast charging yang ada tanpa harus membelinya secara terpisah.Harga dan KetersediaanRedmi Pad bisa didapat secara online melalui official store Xiaomi Indonesia di Mi.com, Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan Akulaku, maupun secara offline melalui Xiaomi Store, Xiaomi Shop dan Erafone. Dan untuk harganya, Redmi Pad (6GB + 2GB | 128GB) dibanderol dengan harga Rp3.499.000.