Find Us On Social Media :

Huawei Siap Bekali Kompetensi Digital Awak Media di Indonesia

By Indah PM, Rabu, 23 November 2022 | 19:00 WIB

Penandatanganan kerjasama Huawei dengan AMSI.

Huawei siap memberikan pemberdayaan pengetahuan ICT bagi awak media di Indonesia. Kesepakatan tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman antara Huawei dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) pada Indonesia Digital Conference 2022.

Melalui kerjasama ini, Huawei akan menyelenggarakan peningkatan kapasitas insan media di bidang teknologi. Program tersebut meliputi sesi berbagi pengetahuan tentang topik teknologi ICT alias TIK seperti cloud, AI, 5G, dan keamanan siber, serta kunjungan ke Pusat Inovasi Huawei. 

AMSI, yang memiliki lebih dari 410 anggota penerbit yang beroperasi di 24 provinsi di seluruh Indonesia, akan mendukung beberapa inisiatif yang diselenggarakan oleh Huawei, termasuk program pengembangan 100 ribu talenta digital, Seeds for the Future, tanggung jawab sosial perusahaan, dan Huawei ICT Competition.

Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, menyambut baik kolaborasi media dan industri, dalam hal ini Huawei dengan AMSI.

Usman juga menyinggung kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan KTT G20 di Bali. Menurutnya, peran media dalam mensukseskan KTT G20 sangat besar, termasuk peran media yang tergabung dalam AMSI. Kolaborasi menjadi kata kunci untuk lompatan besar digital.

"Oleh karena itu, kami mengapresiasi kerjasama yang dilakukan hari ini antara AMSI dan Huawei untuk memperkuat kapasitas media siber di Indonesia. Kami berharap kerjasama ini dapat memberdayakan media siber pada khususnya dan meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia Indonesia pada umumnya," kata Usman Kansong.

Sementara itu, Jun Zhang, Vice President, Huawei Asia Pacific Public Affairs and Communications, berharap kemitraan keduanya dapat membantu lebih banyak media untuk memaksimalkan manfaat transformasi digital sepenuhnya. 

Wenseslaus Manggut selaku Ketua Umum AMSI, turut memuji kontribusi Huawei terhadap perkembangan ekosistem media daring Indonesia. Wenseslaus berpendapat, awak media merupakan landasan utama untuk keberlanjutan ekosistem. Oleh sebab itu, dukungan dari para pemimpin teknologi global seperti Huawei mengenai teknologi canggih, akan memberdayakan media siber Indonesia untuk bertahan dan berkembang, sehingga berkontribusi pada konsolidasi masyarakat informasi Indonesia yang sepenuhnya terhubung dan cerdas.