Find Us On Social Media :

LG Siap Luncurkan Seri Terbaru Monitor LG UltraGear di Indonesia

By Cakrawala, Kamis, 24 November 2022 | 19:00 WIB

LG siap untuk meluncurkan seri terbaru monitor LG UltraGear di tanah air. Salah satunya adalah LG UltraGear 48GQ900 (kiri) yang menggunakan panel OLED.

LG Indonesia awal minggu ini menyatakan siap untuk meluncurkan seri terbaru monitor LG UltraGear di Indonesia. LG menyebutkan edisi kali ini menjadi istimewa karena menggunakan panel OLED untuk koleksi utamanya. Lagi pula, monitor LG UltraGear dengan OLED yang dimaksud merupakan monitor untuk bermain gim dengan panel OLED dari LG yang pertama kali masuk ke pasar Indonesia.

Panel OLED sendiri menawarkan kelebihan dari panel LCD seperti IPS. Salah satunya adalah contrast ratio yang lebih tinggi. Pasalnya OLED bisa menampilkan warna hitam yang benar-benar hitam dan bukannya abu-abu pada berbagai kondisi. Salah satu monitor LG UltraGear baru yang akan diluncurkan di tanah air dan memakai panel OLED adalah LG UltraGear 48GQ900.

“Seri monitor LG UltraGear tahun ini membawa perubahan besar pada dukungan teknologi untuk menjawab kebutuhan gaming yang semakin menuntut kecanggihan perangkat pendukungnya," ujar Mr. Chung-Hoon Kim (Product Director Business Solution – LG Electronics Indonesia).

LG menambahkan monitor LG UltraGear yang dimaksud juga memiliki rentang warna yang lebih baik dan menggunakan Angular Contrast Ratio yang memberikan keseragaman kualitas gambar. Bahkan, LG mengeklaim kedua teknologi itu memiliki peningkatan sampai empat puluh kali dibandingkan teknologi sebelumnya.

LG UltraGear 48GQ900

Sebagai flagship dari monitor LG UltraGear yang akan diluncurkan di Indonesia, LG UltraGear 48GQ900 juga diklaim mampu menangani gambar dengan dinamika perubahan sangat cepat. LG UltraGear 48GQ900 diklaim memiliki response time mencapai 0,1 milidetik dan refresh rate 120 Hz. Refresh rate-nya pun bisa mencapai 138 Hz dengan overclock.

Begitu pula dengan ukuran diagonal layarnya yang besar. LG UltraGear 48GQ900 memiliki ukuran diagonal layar sebesar 48 inci. LG pun memastikan LG UltraGear 48GQ900 menawarkan kelebihan dibandingkan TV OLED. Salah satunya berkat lapisan antipantulan yang membuat LG UltraGear 48GQ900 bisa diletakkan pada berbagai kondisi pencahayaan dan tetap tampil baik.

“Lapisan anti pantulan pada monitor OLED ini menjadikannya mampu memberi pengalaman visual terbaik meski di bawah pencahayaan tinggi maupun dalam ruang yang cenderung lebih gelap,” ujar Riki Siauw (Head of Marketing and Sales IT Division – LG Electronics Indonesia).

Hadir dengan resolusi 3.840 x 2.160 piksel, kedalaman warna 10 bit per kanal, dan refresh rate 120 Hz; LG UltraGear 48GQ900 mendukung DisplayPort 1.4 dan HDMI 2.1. HDMI 2.1 memiliki data rate yang memungkinkan transmisi dengan parameter yang dimaksud, sedangkan DisplayPort 1.4 memiliki DSC (Display Stream Compression) 1.2 yang memungkinkan transmisi dengan parameter yang dimaksud memanfaatkan kompresi yang diklaim "visually lossless".

Sementara, untuk audionya, LG UltraGear 48GQ900 antara lain dilengkapi dengan sepasang speaker yang masing-masing berdaya 20 W. Hal itu membuat LG UltraGear 48GQ900 tidak memerlukan tambahan sistem suara lain untuk menghasilkan suara yang mumpuni. Terdapat juga DTS Headphone:X untuk menghasilkan suara surround tatkala menggunakan headphone/headset.

Selain LG UltraGear 48GQ900 dengan panel OLED, LG juga akan meluncurkan LG UltraGear 24GN60R dan LG UltraGear 27GN60R yang memakai panel IPS. Seluruh LG UltraGear tersebut akan mulai tersedia di pasar Indonesia mulai awal Desember 2022 ini.