Find Us On Social Media :

Ancam Keamanan Nasional, AS Larang Impor Produk Huawei hingga ZTE

By Adam Rizal, Senin, 28 November 2022 | 13:00 WIB

Ilustrasi Huawei dan ZTE

Pemerintah Amerika Serikat resmi melarang penjualan alat telekomunikasi dari Huawei Technologies dan ZTE karena mengancam keamanan nasional Amerika Serikat.

Selain Huawei dan ZTE, pemerintah AS juga melarang impor produk China lainnya seperti China Dahua Technology Co, perusahaan pengawasan video Hangzhou Hikvision Digital Technology dan perusahaan telekomunikasi Hytera Communications Corp Ltd .

Pemerintah AS khawatir Beijing dapat menggunakan perusahaan teknologi China untuk memata-matai orang Amerika. Para pejabat AS juga menunjukkan peningkatan kewaspadaan terhadap perusahaan telekomunikasi dan teknologi China dalam beberapa tahun terakhir.

"Aturan baru ini merupakan bagian penting dari tindakan berkelanjutan untuk melindungi rakyat Amerika dari ancaman keamanan nasional di bidang telekomunikasi," kata Ketua FCC Jessica Rosenworcel dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters.

Rosenwcel mengedarkan larangan penjualan peralatan baru dari China di Amerika Serikat itu telah disetujui akhir bulan lalu. Pada Juni FCC menyatakan sedang mempertimbangkan untuk melarang otorisasi peralatan untuk semua perusahaan yang masuk dalam daftar tertutup.

"FCC berkomitmen melindungi keamanan nasional kami dengan memastikan bahwa peralatan komunikasi yang tidak dapat dipercaya tidak boleh digunakan di dalam perbatasan kami," kata ketua FCC Jessica Rosenworcel, dikutip dari kantor berita AFP.

Dia menambahkan, aturan baru ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk berjaga-jaga dari ancaman keamanan.

Huawei menolak berkomentar. ZTE, Dahua, Hikvision dan Hytera juga tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Sebelumnya, AS sudah melarang Huawei memasok produknya ke sistem pemerintah "Negeri Paman Sam" dan sangat tidak menganjurkan penggunaan peralatannya di sektor swasta.

AS khawatir peralatan Huawei dapat disusupi oleh intelijen China. Pada 2019, AS menempatkan Huawei dalam daftar hitam perdagangan yang melarang pemasok Amerika melakukan bisnis dengannya.

Huawei beserta merek-merek smartphone teratas China lainnya kemudian diputus dari sistem operasi seluler Android-nya Google.