Find Us On Social Media :

Hands-on Lenovo Yoga 7: Laptop Hybrid dengan AMD Ryzen 6000 Series

By Dayu Akbar, Selasa, 29 November 2022 | 13:45 WIB

Lenovo melengkapi lini laptop hybrid dengan menghadirkan Lenovo Yoga 7 generasi terbaru. Laptop ini merupakan seri Yoga 7 generasi ke tujuh yang dipersenjatai dengan AMD Ryzen 6000 series. Kebutuhan komputasi modern yang digunakan untuk beragam aktivitas membuat laptop hybrid menjadi pilihan ideal karena fungsi dan penggunaannya yang fleksibel. Desain

Yoga 7 hadir dengan desain kekinian dan modern dimana tiap sudut hadir dengan bentuk membulat. Dengan sasis unibodi membuatnya sekilas mirip dengan PC tablet berukuran besar. Dimensinya punya ukuran panjang 31,67 cm dan lebar 22,1 cm, sementara ketebalannya 1,7 cm dengan berat 1,4 kg. Dimensi ini tergolong ringkas dan menunjang portabilitas pengguna yang sering menggunakannya di berbagai tempat.Hadir dengan warna stone blue yang stylish, fisiknya makin terasa premium berkat penggunaan material berbahan aluminium yang kokoh. Sebagai laptop hybrid, Lenovo memiliki engsel layar yang bisa ditekuk hingga 360 derajat. Dengannya, laptop bisa diposisikan sampai empat mode penggunaan yaitu laptop, tablet, tent, dan stand.

Dengan dimensi yang terbilang tipis, Yoga 7 tetap memiliki konektivitas yang lengkap. Sisi kirinya terdapat port HDMI, microSD card reader, dan dua USB type-C generasi paling baru yang salah satunya bisa digunakan untuk mengisi daya serta mendukung DisplayPort. Sementara sisi kanan terdapat tombol Power ala gadget, USB 3.2 Gen 1 type-A, dan jack audio.Layar

Layar juga jadi salah satu hal yang diunggulkan. Menggunakan layar sentuh 10-point multitouch berukuran 14 inci, bezel layarnya memiliki ukuran tipis sehingga membuat screen to body rasio makin luas. Yoga 7 makin memanjakan pengguna dengan panel berteknologi OLED yang punya tampilan warna lebih tajam dibanding IPS. Resolusinya juga tinggi yaitu 2,8K atau 2880 x 1800 piksel dengan aspek rasio 16:10 dan dipadu dengan refresh rate 90Hz serta punya tingkat brightness 500 nits.Lenovo juga menyebutkan bahwa layarnya juga memiliki 100% DCI-P3 color gamut dengan dukungan color gamut serta sudah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR True Black 500. Karena berbasis layar sentuh, mendukung pula penggunaan stylus Lenovo Digital Pen. Kombinasi spesifikasi tersebut membuatnya cocok untuk aktivitas komputasi yang butuh akurasi warna tinggi seperti desainer, video atau photo editor, ataupun content creation.

Spesifikasi

Lenovo Yoga 7 yang kami ulas ini menggunakan salah satu SKU dari AMD Ryzen 6000 series yaitu Ryzen 7 6800U. Penggunaan prosesor seri U memang kerap digunakan pada laptop tipis ataupun hybrid karena menawarkan performa tinggi dengan konsumsi daya rendah. Prosesor octa core dengan 16 thread ini memiliki arsitektur Zen 3+ dengan base clock 2,7 GHz dan boost clock maksimal 4,7 GHz.

Untuk chip grafisnya menggunakan integrated GPU Radeon 680M dengan arsitektur RDNA 2 yang memiliki 768 shader core, 48 TMUs, dan 32 ROPs yang berlari dengan kecepatan 2200MHz dengan antarmuka memori system shared. Chip ini sudah mumpuni untuk mendukung aktivitas komputasi kompleks sampai game-game kompetitif yang ringan. Memori RAM-nya memiliki kapasitas sebesar 16 GB LPDDR5-6400MHz dual-channel onboard sehingga pengguna tidak bisa melakukan upgrade. Hal yang kerap disertakan pada laptop tipis siap pakai. Sementara dukungan penyimpannya juga sudah menggunakan generasi terbaru yang kencang. Lenovo Yoga 7 ini dibekali dengan SSD PCIe 4.0 x4 M2 2280 NVMe dengan kapasitas 512 GB.Sebagai penopang daya, baterainya memiliki kapasitas 71 Whr yang diklaim mampu bertahan hingga 13 jam. Pengisian baterainya mendukung teknologi rapid charge sehingga prosesnya bisa lebih cepat.

Fitur Tambahan

Agar pengalaman pengguna makin nyaman, Lenovo melengkapinya dengan fitur keamanan seperti dukungan TPM 2,0, webcam privacy shutter, serta IR camera yang dilengkapi fitur face recognition yang mendukung Windows Hello.

Untuk area keyboard, Lenovo memberikan desain minimalis dengan penempatan tombol yang cukup renggang demi kenyamanan. Area tombol-nya dilengkapi dengan led backlit warna putih guna memudahkan pengguna mengetik saat dalam kondisi kurang cahaya atau gelap.

Sistem audio-nya dilengkapi empat speaker yang terdiri dari 2x 2 watt subwoofer dan 2x 2 watt tweeter yang dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos audio dan Smart AMP. Ini menjadikan laptop tersebut juga nyaman digunakan untuk aktivitas multimedia.Lenovo Yoga 7 sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 11 Home serta Microsoft Office Home & Student 2021 yang sudah terpasang dan bisa digunakan seumur hidup. Hal ini cukup melegakan karena pengguna tidak perlu lagi membeli secara terpisah ataupun direpotkan dengan menggunakan versi ilegal.Harga dan Ketersediaan

Lenovo Yoga 7 dengan AMD Ryzen 6800U, RAM 16 GB, dan SSD 512 GB sudah tersedia secara offline dan online di ecoomerce Lenovo official store. Dibanderol dengan harga kisaran Rp17.599.000, laptop ini memiliki masa garansi selama 3 tahun.