Find Us On Social Media :

Kalahkan Huawei dan Oppo, iPhone Rajai Pasar HP Premium di Tiongkok

By Adam Rizal, Senin, 5 Desember 2022 | 13:00 WIB

iPhone 14 Pro Max

Saat ini Tiongkok adalah pasar smartphone terbesar di dunia dengan persaingan yang sangat ketat. Hebatnya, iPhone yang notabene nya asal AS mampu merajai pasar smartphone premium di Tiongkok.

iPhone mampu kokoh bertahan di puncak pasar smartphone Tiongkok, mengingat gempuran HP lokal-lokal.

Counterpoint Research mengungkapkan Apple sendiri mencapai pangsa pasar bulanan tertinggi di Tiongkok dengan pangsa pasar bulanan tertinggi 25 persen. Apple tumbuh 21 persne month-on-month (MoM).

Secara year-on-year (YoY), penjualan Tiongkok turun 15 persen dan penjualan Apple turun hanya 4 persen seperti dikutip Gizmochina.

Apple telah mencapai level tertinggi baru dalam hal pangsa pasar di Tiongkok selama dua tahun terakhir. Ini mencapai rekor pangsa pasar bulanan pada November dan Desember 2020, dan pada Oktober, November, dan Desember 2021. Khususnya, 2020 juga merupakan tahun ketika sanksi AS dijatuhkan pada Huawei.

Direktur Riset Ethan Qi mengatakan pasar Tiongkok lesu karena berbagai faktor, termasuk tekanan ekonomi makro dan lockdown Covid-19 yang memukul sentimen konsumen. Penjualan keseluruhan turun 4% MoM.

"Apple berhasil menentang tren pasar karena citra tangguh segmen premium," ujarnya.

Apple telah muncul sebagai pemenang mengalahkan Huawei di pasar premium. Ini hampir menjadi pemimpin yang tak terbantahkan di segmen premium Tiongkok.

Seri iPhone 14 telah dimulai secara baik dengan iPhone 14 Pro dan Pro Max berperforma lebih baik dari generasi sebelumnya. iPhone 13 juga terus bekerja dengan baik, karena iPhone 14 menawarkan sedikit perbedaan dari iPhone 13.