Find Us On Social Media :

Alasan Pasar PC dan Tablet Bakal Terus Melemah hingga 2023

By Adam Rizal, Rabu, 7 Desember 2022 | 13:30 WIB

Ilustrasi bisnis PC Toshiba

International Data Corporation (IDC) memprediksi pasar PC dan tablet akan terus melemah, mengingat pengiriman tablet dan PC terus menurun 12 persen pada tahun ini dan akan terus menurun hingga 2023.

IDC melihat pengiriman tablet dan PC akan lebih baik daripada sebelum pra-pandemi tetapi kondisi ekonomi yang tidak pasti mengancam persediaan dan meningkatkan kejenuhan pasar tahun depan.

"Faktanya adalah pabrikan PC dan tablet akan kesulitan dalam beberapa bulan ke depan karena tidak hanya volume yang turun, tetapi juga harga jual rata-rata juga turun," kata Manajer Riset IDC untuk Perangkat Mobilitas dan Konsumen Jitesh Ubrani seperti dilansir ZDNET.

Dia juga mengatakan persediaan PC dan tablet mendorong produsen untuk memberikan potongan harga yang besar. Selama ada perselisihan ekonomi, produk akan menyimpang dari fungsi premium ke produk kelas menengah.

Pada Oktober tahun ini, IDC melaporkan pengiriman tablet turun 8,8 persen. Jumlah tersebut menandakan penurunan pasar tablet selama lima kuartal berturut-turut.

Kontraksi pasar ini mengikuti pertumbuhan besar-besaran selama dua tahun yang sebagian besar dapat dikaitkan dengan faktor ekonomi.

"Pasar sekarang tidak hanya mengalami penurunan permintaan, tetapi juga beberapa hambatan ekonomi makro yang kuat," ujarnya.

Meskipun sebagian besar tablet (Android) dan Chromebook berbiaya lebih rendah, para masyarakat lebih menahan uangnya untuk berbelanja elektronik. Masyarakat lebih menggunakannya untuk bertahan hidup.