Find Us On Social Media :

GoTo Paparkan Pencapaian Kinerja dan Prioritas Bisnis Perseroan

By Rafki Fachrizal, Jumat, 9 Desember 2022 | 16:15 WIB

Ilustrasi GoTo.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) telah menyelenggarakan Publik Ekspose pada Kamis (8/12/2022), di mana perseroan mengungkapkan pencapaian kinerja dan prioritas bisnis terbaru perseroan.

Dalam paparan tersebut, perseroan menyampaikan perkembangan terkini serta menegaskan fokusnya pada pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan untuk mempercepat langkah menuju profitabilitas, khususnya setelah berakhirnya periode larangan pengalihan saham (lock-up) investor pra-IPO.

Andre Soelistyo, Direktur Utama GoTo menuturkan, “Capaian kinerja yang kami bukukan selama kuartal ketiga 2022 semakin menegaskan komitmen perseroan untuk mengakselerasi langkahnya mencapai profitabilitas. Hal ini dimungkinkan sebagai hasil dari dua prioritas utama kami: Pertama, pertumbuhan yang berkualitas tinggi melalui inovasi produk yang semakin memperdalam sinergi ekosistem khususnya bagi konsumen setia; dan Kedua, pengelolaan beban operasional Perseroan secara disiplin di semua lini usaha.”

“Kehadiran sejumlah produk dan layanan baru seperti GoTo Plus dan perluasan penggunaan GoPayCoins sebagai penghargaan loyalitas di seluruh ekosistem GoTo menjadi salah satu wujud strategi ini, sehingga Perseroan dapat mendorong monetisasi yang semakin baik dan semakin meningkatkan kesetiaan para pengguna dalam ekosistem GoTo,” tambah Andre.

Inovasi Produk dan Layanan di Lini Bisnis Utama

Manajemen perseroan menjabarkan strategi Perseroan untuk mendorong pertumbuhan berkualitas tinggi melalui berbagai inovasi produk dan layanan baru yang semakin memperdalam sinergi di dalam ekosistem GoTo, termasuk di antaranya:

  1. GoPayCoins yang semakin tersedia luas untuk seluruh konsumen di dalam ekosistem GoTo. Sebagai program penghargaan loyalitas tunggal untuk berbagai produk dan layanan GoTo, GoPayCoins memungkinkan terjadinya akuisisi konsumen baru dengan biaya yang lebih efisien, dan memberikan insentif bagi konsumen untuk terus bertransaksi di dalam ekosistem GoTo. Berdasarkan data, 21 persen konsumen sudah pernah menerima GoPayCoins.
  2. GoTo Plus telah mencatatkan lebih dari 50.000 pelanggan berbayar dalam waktu yang singkat.
  3. GoPayLater Cicil, produk pembiayaan berbasis cicilan, telah diperkenalkan secara terbatas kepada empat juta konsumen terpilih (whitelisted).
  4. GoFood Hemat menawarkan layanan pesan antar makanan dengan biaya yang lebih ekonomis untuk jangkauan pengiriman di bawah dua kilometer.
  5. GoTransit, bekerja sama dengan Kereta Commuter Indonesia (KCI), memudahkan konsumen membeli tiket KCI melalui aplikasi Gojek. GoTransit telah menjadi pilihan utama penjualan tiket KCI secara online. Tercatatm 74 persen kontribusi GoTransit untuk seluruh penjualan tiket digital KCI (per September 2022).

Lebih lanjut, manajemen Perseroan kembali memaparkan kinerja Grup GoTo, serta segmen bisnis On-Demand Services, E-Commerce dan Financial Technology Services.

Pencapaian tersebut antara lain:

Terkait dampak lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG), Perseroan memaparkan hasil dari aktivitas selama kuartal ketiga 2022, di antaranya:

Jacky Lo, Direktur GoTo menyampaikan, “Kinerja yang solid sepanjang tahun berjalan membuktikan resiliensi Perseroan dan kekuatan fundamental perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Perseroan telah mencatatkan peningkatan signifikan pada margin kontribusi dan EBITDA Grup yang disesuaikan, khususnya dengan segmen On-Demand Services yang telah mencapai margin kontribusi positif pada September 2022, lebih cepat dari perkiraan.”

“Hal ini dicapai perseroan dengan pertumbuhan yang baik pada bisnis Perseroan serta fokus yang konsisten pada optimalisasi beban operasional perseroan. Kami berkomitmen melanjutkan tren positif ini melalui pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan efisiensi yang berkesinambungan, untuk mengakselerasi langkah kami mencapai profitabilitas,” sambungnya.

Baca Juga: Gojek PHK Massal 1.300 Karyawan, Ini Penyebabnya