Find Us On Social Media :

Nih! Tips untuk Hindari Resiko Kerugian Saat Gunakan Layanan Fintech

By Rafki Fachrizal, Rabu, 14 Desember 2022 | 14:15 WIB

Kredivo

Beberapa waktu lalu, Kredivo menggandeng KrediFazz dan AFPI untuk menggelar acara ‘Generasi Djempolan’ di mana pesertanya adalah mahasiswa di wilayah Bogor.

Acara yang diadakan pada Bulan Fintech Nasional itu bertujuan mengedukasi mahasiswa di Bogor akan pentingnya pemahaman hak dan kewajiban sebagai pengguna fintech (financial technology).

Andy N. Gultom, Direktur External Affairs Kredivo mengatakan, “Pada acara Generasi Djempolan kali ini, Kredivo bersama AFPI dan KrediFazz menghadirkan program edukasi keuangan digital bagi generasi muda di Bogor agar memahami pentingnya menjadi pengguna fintech yang bijak.”

Salah satu topik yang dibahas yaitu bagaimana upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko kerugian saat menggunakan layanan fintech.

Beberapa hal yang bisa dilakukan di antaranya: 1) memastikan bahwa platform tersebut telah berizin dan diawasi oleh OJK; 2) memastikan bahwa platform tersebut memberikan transparansi dalam hal suku bunga, jatuh tempo pembayaran, hingga denda keterlambatan; 3) perhatikan syarat dan ketentuan sebelum daftar dan melakukan pinjaman; 4) memahami konsekuensi jika tidak memenuhi kewajiban sebagai pengguna; 5) menggunakan limit kredit sesuai dengan kemampuan finansial dan melunasi pembayaran secara tepat waktu agar reputasi kredit tetap baik.

Selain untuk menghindari risiko, menjadi pengguna fintech yang bijak juga dapat membantu pengelolaan cashflow pribadi sehingga arus uang masuk dan keluar tetap lancar guna merencanakan keuangan lebih baik.

Anita Wijanto, Direktur Utama KrediFazz mengatakan, “Penggunaan fintech lending di kalangan generasi muda semakin meningkat seiring dengan kebutuhan mereka akan alternatif pembiayaan yang cepat dan terjangkau.”

“Salah satu yang terpenting menjadi pengguna fintech yang bijak adalah mempertahankan dan menjaga skor kredit. Hal ini tentunya dapat berguna bagi konsumen untuk pengajuan kredit atau pinjaman di seluruh lembaga keuangan, baik itu fintech maupun Lembaga keuangan konvensional karena memiliki histori kredit yang baik dengan selalu melunasi kewajiban.”

Bagi Kredivo dan KrediFazz, literasi keuangan digital menjadi kunci preventif yang dapat dilakukan oleh berbagai pihak agar tercipta ekosistem layanan keuangan digital yang kondusif di Indonesia.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi negara juga dapat terakselerasi jika generasi muda dapat mengoptimalkan manfaat fintech serta meminimalisir resikonya dengan menjadi pengguna yang bijak, yaitu yang paham akan hak dan kewajiban mereka.

Baca Juga: Ancaman Resesi, Kredivo: Ini Lima Saran yang Bisa Dilakukan Masyarakat