Find Us On Social Media :

Apa saja Keunggulan Google Chrome Terbaru?, Lebih Hemat Baterai

By Adam Rizal, Senin, 19 Desember 2022 | 13:30 WIB

Laptop Google Chromebook

Google baru saja meluncurkan pembaruan browser Google Chrome terbaru yang menawarkan efisiensi daya dari sisi baterai dan memori. Google Chrome versi terbaru 108 itu meningkatkan kinerja browser Chrome dan memperpanjang masa pakai baterai laptop.

Mark Chang (Group Product Manager Chrome) mengatakan Google memperkenalkan dua setelan kinerja baru sehingga Chrome menggunakan memori hingga 40 persen dan 10 GB lebih sedikit.

Pembaruan itu akan hadir lewat mode Memory Saver (Penghemat Memori) dan Energy Saver (Penghemat Energi) di browser Chrome.

“Sejak awal, kami merancang Chrome untuk kecepatan. Namun soal kinerja, ia lebih dari sekadar memberikan pengalaman browsing yang cepat,” katanya.

Mark mengatakan pembaruan Chrome terbaru itu juga mengoptimalkan baterai dan memori sistem perangkat Anda. Mode Memory Saver tidak akan menarik memori sehingga situs yang aktif dan sedang dijelajahi di Google Chrome akan tetap menghadirkan pengalaman yang lancar.

"Aplikasi ini berguna khususnya saat Anda menjalankan aplikasi intensif lain, seperti saat mengedit video keluarga atau bermain game. Semua tab yang tidak aktif akan dimuat ulang ketika Anda membutuhkannya,” kata Chang.

Sementara mode Energy Saver dapat memaksimalkan masa pakai baterai perangkat. Saat pengguna menjelajahi Web dengan Chrome dan baterai perangkat menyentuh 20 persen, Chrome akan menghemat daya dengan membatasi aktivitas latar belakang dan efek visual untuk situs web dengan animasi dan video.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat mempersonalisasi kinerja Chrome yang dia gunakan, di mana fitur ini bisa dimatikan. Pengguna juga bisa menandai situs yang dikecualikan dari Memory Saver. Nantinya, kontrol untuk mode ini bisa ditemukan di menu tiga titik di atas tampilan Chrome.