Find Us On Social Media :

Concept Luna Rancangan Dell Bikin Bongkar Laptop dalam Hitungan Menit

By Dayu Akbar, Selasa, 20 Desember 2022 | 11:00 WIB

Tahun lalu, Dell Technologies memperkenalkan Concept Luna, yaitu sebuah desain PC laptop berkelanjutan inovatif, yang menggambarkan visi perusahaan untuk mengurangi limbah dan emisi, menggunakan kembali sejumlah material dan mewujudkan inovasi yang lebih canggih. Para insinyur yang tergabung dalam tim Experience Innovation Group Dell Technologies, dalam satu tahun terakhir telah bekerja untuk menyempurnakan desain modular Concept Luna dengan meniadakan lem dan kabel, serta meminimalisir penggunaan sekrup. Hal tersebut membuat pembongkaran dan perbaikan sebuah sistem PC laptop menjadi lebih mudah. Concept Luna secara dramatis mempermudah dan mempercepat proses perbaikan dan pembongkaran, membuat akses ke berbagai komponen PC jadi lebih mudah dan memperluas peluang untuk penggunaan ulang.Dengan teknologi yang ada saat ini, perlu waktu lebih dari satu jam untuk membongkar sebuah PC laptop yang dibuat menggunakan sekrup, lem dan berbagai komponen yang disolder. Dengan desain Concept Luna yang telah berevolusi, waktu pembongkaran berkurang jadi hanya beberapa menit.

Dell bahkan menunjuk sebuah pabrikan kecil untuk memandu tim desain Dell dan hasilnya adalah sebuah perangkat yang dapat dibongkar robot dengan mudah dan cepat.Dengan menggabungkan desain keberlanjutan Concept Luna dengan fitur telemetri pintar serta otomasi robotik, Dell menciptakan sesuatu yang berpotensi memicu perubahan yang sangat besar di industri TI dan mendorong sirkularitas dalam skala besar. Riset atau penelitian seperti ini menginspirasi tim insinyur, para pakar yang sangat peduli dengan pendekatan berkelanjutan, dan desainer di Dell Technologies untuk terus mengembangkan Concept Luna. Dan meski saat ini “hanya sebuah konsep”, Concept Luna adalah visi jangka panjang perusahaan untuk mewujudkan dampak bisnis dan sosial yang lebih besar melalui praktik desainsirkular.

Seiring berbagai upaya yang dilakukan untuk bisa lebih cepat mencapai “tujuan berkelanjutan” yang ditetapkan perusahaan, Dell akan terus berinovasi, mendorong batasan desain, mendengarkan berbagai masukan, dan memikirkan kembali model bisnis yang tepat. Pada akhirnya, Concept Luna bertujuan untuk mendorong manusia untuk terus maju dan membentuk masa depan yang lebih berkelanjutan untuk semua.