Find Us On Social Media :

Hands-on Acer Aspire 5 Slim: Bawa Peningkatan dengan Prosesor Terbaru

By Dayu Akbar, Selasa, 27 Desember 2022 | 14:00 WIB

Dari sekian banyak jenis laptop yang tersedia di pasar, salah satu yang paling banyak dicari adalah sebuah laptop yang pas untuk belajar dan bekerja. Menjadi penawaran terbaru, Acer Aspire 5 Slim kini hadir dengan 12th Gen Intel® Core™ Processors. Tentunya membawa peningkatan yang signifikan.Menariknya lagi, Aspire 5 Slim generasi terbaru ini memiliki beberapa varian yang dihadirkan untuk menjawab berbagai kebutuhan pengguna. Aspire 5 Slim tersedia dalam pilihan regular edition dan creator edition.Varian yang akan kami ulas merupakan regular edition yang ditujukan untuk pelajar, mahasiswa atau pekerja dengan kebutuhan esensial. Sedangkan varian creator edition hadir dengan spesifikasi sedikit lebih tinggi dengan dukungan kartu grafis Nvidia GeForce MX550 atau RTX 3050.Tampil dalam sejumlah opsi warna menarik, Acer juga berikan peningkatan lain seperti pada sektor konektivitas dan pendukung gaya kerja modern. Berikut ulasan singkatnya:Performa Kencang Berkat 12th Gen Intel® Core™ Processors

Salah satu peningkatan yang cukup signifikan hadir di Aspire 5 Slim terbaru adalah penggunaan 12th Gen Intel® Core™ Processors, yang tidak hanya lebih kencang, namun juga hemat daya. Ada dua opsi yang bisa konsumen pilih sesuai kebutuhan, yakni Intel® Core™ i5-1235U processor atau Intel® Core™ i7-1255U processor, memiliki total 10 cores (2P core + 8E core) dan 12 threads.Prosesor terbaru ini memiliki dua jenis inti berbeda, yakni inti performa (P-core) dan inti efisiensi (E-core). Kombinasi ini membuat Acer Aspire 5 Slim bisa berikan performa lebih kencang saat dibutuhkan, dan lebih hemat daya ketika penggunaan lebih ringan.Untuk kartu grafisnya sendiri menggunakan Intel® UHD Graphics, namun bila kapasitas RAM sudah ditingkatkan, bakal secara otomatis berubah menjadi Intel® Iris® Xe Graphics yang lebih powerful.

Dengan spesifikasi tersebut kebutuhan guna mendukung produktivitas, menjalankan sesi hiburan, sampai bekerja semisal menggunakan untuk edit foto atau video ringan, sudah sangat mumpuni. Bahkan untuk kebutuhan gaming casual seperti Valorant atau CS:Go, Aspire 5 Slim juga sudah bisa diandalkan.

Namun jika membutuhkan performa grafis yang lebih tinggi untuk beban kerja visual lebih berat, Anda bisa melirik varian Aspire 5 Slim versi Creator Edition. Tinggal sesuaikan mana yang menawarkan spesifikasi dan fitur sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.RAM & Penyimpanan Bisa Di-Upgrade

Meski desain dari Acer Aspire 5 Slim tergolong tipis dan ringan, laptop ini dirancang dengan komponen internal yang dapat ditingkatkan. Seperti kapasitas RAM 8GB DDR4 yang mendukung sampai 24GB, untuk kebutuhan multitasking jauh lebih lancar.Sementara untuk kapasitas penyimpanannya sendiri, menggunakan jenis SSD NVMe PCIe Gen4 berkapasitas 512GB. Bila terasa kurang lega, masih bisa ditambahkan lewat dukungan dual storage (HDD+SSD).

Fleksibilitas seperti ini belum tentu bisa ditawarkan oleh semua laptop, membuat Acer Aspire 5 Slim memiliki nilai unggul tersendiri. Anda diberikan kebebasan lebih untuk tingkatkan kapasitas RAM dan penyimpanan.Sifatnya yang upgradable ini menurut kami membuat Aspire 5 Slim generasi terbaru ini menawarkan life time yang tergolong lama. Performanya masih akan relevan untuk beberapa tahun mendatang.Konektivitas Prima dengan Thunderbolt™ 4 & WiFi 6E

Laptop modern saat ini harus nyaman untuk digunakan baik di lingkungan rumah, kantor, maupun tempat publik seperti kafe. Untuk itu, Acer Aspire 5 Slim juga mendukung sambungan nirkabel terbaik lewat standar Wi-Fi 6E. Tawarkan kemampuan 3 kali lebih cepat dibandingkan Wi-Fi standar.

Jumlah port pada Aspire 5 Slim juga tergolong lengkap. Mulai dari dua port USB-A 3.2 Gen 1, HDMI 2.1, headphone/speaker jack, serta sebuah port USB-C yang cukup spesial. Karena sudah mendukung standar Thunderbolt™ 4 yang punya kecepatan transfer data sampai 40Gbps, sehingga proses pemindahan data bisa terjadi lebih instan.

Lebih Nyaman Untuk Belajar & Bekerja Secara Virtual

Selain sesi tatap muka, kegiatan belajar dan bekerja saat ini juga masih harus terlaksana secara virtual. Untuk itu, dibutuhkan webcam dan mikrofon yang berkualitas. Acer Aspire 5 Slim sendiri membawa webcam dengan teknologi Temporal Noise Reduction (TNR) yang bisa membuat tampilan lebih jelas dan cerah minim noise, dalam berbagai kondisi pencahayaan.Dan untuk memastikan agar suara terdengar jelas, ada dua mikrofon yang didukung oleh Acer PurifiedVoice™. Dengan AI noise reduction, suara bising di sekitar pengguna bakal diredam secara otomatis. Tak perlu khawatir untuk ikut meeting atau kelas virtual di kafe dan tempat publik lainnya.

Acer Aspire 5 Slim sendiri memiliki ukuran layar 14 inci dengan resolusi Full HD, panel IPS yang punya sudut pandang lebar, serta teknologi Acer Color Intelligence untuk membuat warna terlihat lebih menarik. Tentunya juga sudah menjalankan Windows 11 Home dan sudah termasuk dengan Microsoft Office Home & Student 2021 yang tersedia secara langsung alias pre-installed.Kesimpulan dan Harga

Dengan segala fitur yang ditawarkan termasuk peningkatan pada prosesor, Acer Aspire 5 Slim bisa jadi pilihan pas bagi Anda yang mencari laptop untuk menunjang produktivitas, maupun media belajar anak sekolah maupun kuliah yang banyak melakukan aktivitas mengetik, membuat presentasi dan sebagainya. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp10 jutaan.Selain itu, laptop ini menurut kami juga bisa jadi pilihan untuk pekerja, apalagi yang membutuhkan laptop ringkas, mudah dibawa dan pastinya memiliki performa yang bisa diandalkan untuk memudahkan pekerjaan. Laptop ini juga cocok untuk para pelajar dan mahasiswa yang banyak menggunakan kegiatan komputasi ringan untuk mendukung kebutuhan belajar.Anda juga akan mendapatkan jaminan perlindungan yang lega lewat garansi menyeluruh, termasuk 1 tahun garansi sparepart, 3 tahun garansi servis, dan 1 tahun Accidental Damage Protection (ADP) yang dapat berikan rasa aman ekstra.