Find Us On Social Media :

Permudah Pembayaran, Xendit dan Astro Tegaskan Kerja Samanya

By Cakrawala, Kamis, 29 Desember 2022 | 23:40 WIB

Xendit dan Astro menegaskan kerja sama keduanya sejak tahun 2021 lalu. Kolaborasi tersebut permudah pembayaran oleh pengguna Astro berhubung hadirkan banyak metode pembayaran pada aplikasi Astro.

Xendit dan Astro kemarin di Jakarta menegaskan perihal kerja sama keduanya yang telah mencapai sekitar 1,5 tahun. Berkolaborasi sejak tahun 2021 lalu, sebagai payment gateway, Xendit memudahkan perihal pembayaran pada Astro. Xendit menyediakan lebih dari sepuluh metode pembayaran yang bisa digunakan oleh pengguna Astro, mulai dari uang elektronik, QRIS, kartu kredit, sampai kartu debit virtual dalam bertransaksi.

Astro sendiri adalah startup quick commerce. Astro menyebutkan bekerja sama dengan Xendit sejak awal berdirinya. Pasalnya, Astro ingin menghadirkan pelayanan terbaik bagi penggunanya dan menilai Xendit sebagai ahlinya untuk sistem pembayaran. Sebagai quick commerce, Astro ingin memastikan penggunanya yang mayoritas memiliki mobilitas tinggi bisa bertransaksi dengan cepat.

“Sebagai salah satu pionir quick commerce, kami dituntut untuk terus berpikir kreatif dalam menyediakan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Kami ingin memastikan mereka bisa bertransaksi dengan cepat, mudah dan aman, terutama karena mayoritas pengguna Astro memiliki mobilitas tinggi. Karena itu, kami merasa sangat membutuhkan payment gateway agar transaksi bisa berjalan dengan lancar, dan meminimalisir risiko fraud,” ujar Marcella M. Moniaga (Chief Financial Officer Astro).

“Sejauh ini, kami merasa sangat terbantu karena Xendit menawarkan kemudahan integrasi dengan berbagai kanal pembayaran, layanan pelanggan 24/7, dan dashboard yang dapat menganalisa transaksi dan performa dengan praktis. Sebagai startup, kami perlu meningkatkan efisiensi bisnis, sehingga mempercayakan sistem pembayaran kepada ahlinya – seperti Xendit – akan sangat membantu menghemat waktu, tenaga, serta biaya, agar kita bisa fokus membangun performa core bisnis,” jelas Marcella M. Moniaga lagi.

Astro menambahkan bahwa pemilihan Xendit juga tidak terlepas dari rekomendasi sesama startup. Lagi pula, Xendit diklaim juga bisa membantu dalam hal pengembalian dana dan on-demand payout. Adapun selama 1,5 tahun berkolaborasi dengan Xendit, Astro menemukan bahwa metode pembayaran yang paling populer adalah transfer ke akun virtual bank.

“Xendit terus berupaya untuk membantu UMKM dan perusahan rintisan seperti Astro untuk dapat berkembang dengan solusi infrastruktur pembayaran digital terbaik. Kami akan melanjutkan ekspansi bisnis ke sektor-sektor lainnya, sehingga bisa membantu semakin banyak pelaku bisnis untuk melayani pelanggan dengan maksimal,” pungkas Tessa Wijaya (COO dan Co-Founder Xendit).