Find Us On Social Media :

Cepat dan Aman, Amazon Sukses Antar Paket Belanja Pakai Drone di AS

By Adam Rizal, Jumat, 30 Desember 2022 | 13:30 WIB

Amazon sukses mengantarkan paket belanja dengan pesawat nirawak alias drone

Perusahaan ecommerce terbesar di Amerika Serikat (AS) Amazon sukses mengantarkan paket belanja dengan pesawat nirawak alias drone untuk pelanggan di titik tertentu di California dan Texas, Amerika Serikat.

Saat ini layanan Amazon Prime Air beroperasi di Lockeford, Callifornia, dan College Station, Texas.

"Drone akan terbang ke lokasi pengantaran yang sudah ditentukan, turun ke halaman rumah konsumen, lalu terbang dalam ketinggian yang aman," kata Amazon seperti dilansir Ars Technica dan The Verge.

Mekanismenya, drone Amazon Prime Air itu akan meletakan paket di tempat yang aman dan kembali terbang. Baru-baru ini, drone Amazon mengantarkan paket ke lokasi berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat pengiriman barang Amazon di Texas.

Cara berbelanja dengan pengantaran drone sama seperti belanja online pada umumnya. Setelah membayar, konsumen akan mendapatkan informasi pelacakan paket dan perkiraan waktu sampai.

Untuk layanan Amazon Prime Air, Amazon membatasi bobot paket yang diantar dengan drone sekitar 2 kilogram. Amazon sendiri mengantongi izin dari biro penerbangan federal AS FAA untuk menggunakan drone sebagai kendaraan pengantaran paket per Agustus 2022.

Amazon menggunakan drone MK27-2 berbentuk segi enam yang sudah diprogram untuk bisa menghindari rintangan seperti cerobong asap dan tiang listrik.

Amazon tetap menggunakan tenaga manusia untuk memantau pengantaran paket dengan drone.