Find Us On Social Media :

Google Voice Kini Bisa Kasih Peringatan Jika Ada Panggilan Spam

By Rafki Fachrizal, Jumat, 30 Desember 2022 | 16:35 WIB

Aplikasi Google Voice

Google mengumumkan bahwa perusahaan telah menambahkan pembaruan ke aplikasi Google Voice yang dapat membantu pengguna untuk mengidentifikasi panggilan spam.

Pembaruan tersebut yakni sebuah peringatan berwarna merah untuk "penelepon spam yang dicurigai".

Sebagai informasi, Google Voice adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan telepon, pesan teks dan pesan suara dari smartphone, tablet atau komputer.

“Untuk membantu melindungi Anda dari panggilan yang tidak diinginkan dan penipuan yang berpotensi berbahaya, Google Voice menampilkan label "penelepon spam yang dicurigai" pada semua panggilan yang diyakini Google sebagai spam,” tulis Google dalam blog resminya pada Kamis (29/12/2022).

Google mengembangkan pembaruan tersebut menggunakan teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) canggih yang sama seperti yang dilakukan untuk mengidentifikasi miliaran panggilan spam di seluruh ekosistem panggilan Google.

Jika label spam muncul dalam sebuah panggilan, pengguna juga akan memiliki opsi untuk mengonfirmasi bahwa panggilan adalah spam atau mengklarifikasi bahwa itu bukan spam, yang akan menghapus label tersebut untuk panggilan di masa mendatang.

Pelabelan panggilan spam akan muncul secara otomatis saat setelan filter spam suara (Settings > Security > Filter spam) dinonaktifkan.

Pembaruan peringatan spam akan tersedia untuk semua pengguna Google Voice. Peluncurannya akan berlangsung bertahap mulai 29 Desember 2022, dan diperkirakan bisa memakan waktu hingga 15 hari hingga pembaruan itu muncul di seluruh aplikasi pengguna.

Itu berarti, jika Anda salah satu pengguna Google Voice, maka dapat melihat pembaruan ini pada 13 Januari 2023 atau mungkin lebih cepat dari perkiraan tanggal tersebut.

Baca Juga: Alasan ChatGPT Diprediksi Bakal Singkirkan Google Dua Tahun Lagi

Baca Juga: Cara Membuat Komik di Google Slides, Cocok Buat Isi Liburan Sekolah