Find Us On Social Media :

MediaTek Kenalkan Ekosistem Produk Wi-Fi 7 yang Siap Produksi

By Cakrawala, Senin, 6 Februari 2023 | 08:00 WIB

MediaTek bersama sejumlah merek lain yang menjadi konsumennya telah mengenalkan berbagai produk Wi-Fi 7 yang siap produksi pada CES 2023 lalu.

MediaTek awal bulan lalu bersama sejumlah merek lain yang menjadi konsumennya telah mengenalkan berbagai produk Wi-Fi 7 yang siap produksi. Ditampilkan pada CES 2023 lalu dan diklaim sebagai yang pertama, aneka produk Wi-Fi 7 tersebut menggunakan cip-cip Filogic dari MediaTek. MediaTek pun menyebutkan ekosistem produk Wi-Fi 7 yang siap produksi itu adalah puncak investasi MediaTek dalam teknologi Wi-Fi 7. Adapun produk-produk yang dkenalkan antara lain residential gateway, ruter mesh, televisi, perangkat streaming, smartphone, komputer tablet, dan laptop.

Sekadar informasi, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, standar yang menjadi basis Wi-Fi 7, yakni IEEE 802.11be, sebenarnya masih dalam pengerjaan alias belum tersedia secara resmi. Namun, berbagai pihak mulai mengedepankan Wi-Fi 7 sebagai fitur pada produk-produk mereka. Memang tak jarang sebelum suatu standar yang menjadi basis Wi-Fi tersedia secara resmi, produk-produk yang diklaim mendukung Wi-Fi bersangkutan bermunculan. Pada masa lampau hal tersebut pun terjadi.

“Tahun lalu, kami mendemonstrasikan teknologi Wi-Fi 7 pertama di dunia dan sekarang kami merasa terhormat untuk menunjukkan kemajuan signifikan yang telah kami buat dalam membangun ekosistem produk yang lebih lengkap,” kata Alan Hsu (Corporate Vice President dan General Manager of the Intelligent Connectivity Business Unit MediaTek). “Rangkaian perangkat ini, banyak di antaranya ditenagai oleh chipset unggulan Filogic 880 — pemegang Penghargaan Inovasi CES 2023 — menggambarkan komitmen kami untuk menyediakan konektivitas nirkabel terbaik,” tambahnya.

Beberapa kelebihan Wi-Fi 7 yang dikedepankan MediaTek adalah bandwidth yang sampai 320 MHz dan skema modulasi sampai 4096-QAM (quadrature amplitude modulation). Sebagai perbandingan, Wi-Fi 6 mendukung bandwidth sampai 160 MHz dan skema modulasi sampai 1024-QAM. Begitu pula Multi-Link Operation (MLO) yang bisa menggunakan lebih dari satu pita frekuensi secara sekaligus untuk mentransfer data. Hal-hal itu disebutkan MediaTek akan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

MediaTek pun menegaskan cip-cip Filogic-nya yang mendukung Wi-Fi 7 dan menggunakan technology node kelas 6 nm bisa membantu menekan konsumsi daya utama sebesar 50%, mengurangi penggunaan prosesor sebanyak 25 kali, dan menekan latensi perpindahan MLO sebesar 100 kali dibandingkan tawaran dari kompetitornya. Lebih jelas mengenai Mediatek Filogic 880 dan MediaTek Filogic 380 yang mendukung Wi-Fi 7 dan diumumkan pertengahan tahun lalu bisa dilihat di sini.

Beberapa merek lain yang berpartisipasi adalah AMD, Lenovo, ASUS, TP-Link, BUFFALO, Korea Telecom, Hisense, Skyworks, dan Qorvo.