Find Us On Social Media :

Makin Canggih, Lenovo Seri Legion Terbaru Tambahkan Cip AI Khusus

By Dayu Akbar, Senin, 9 Januari 2023 | 16:30 WIB

Selain memamerkan jajaran produk barunya di CES 2023, Lenovo juga menambahkan teknologi AI terbarunya yang memungkinkan para gamer mendapatkan framerate terbaik. Teknologi yang disebut dengan Lenovo LA AI chip ini merupakan cip AI khusus pertama di dunia pada laptop gaming, yang terpasang pada laptop baru Lenovo Legion Pro 7 dan 7i (16”, 8) dan Lenovo Legion Pro 5 dan 5i ( 16”, 8). “Lenovo Legion kini tengah merintis jalan baru menuju puncak performa laptop gaming, dengan memanfaatkan teknologi cip yang ditenagai oleh AI dan machine learning untuk mendorong framerate lebih tinggi lagi, memberikan para gamer keunggulan yang mereka butuhkan untuk menang,” tutur Ouyang Jun, Lenovo’s Vice President and General Manager of the Consumer Business Segment, Intelligent Device Group. “Perangkat Legion terbaru Lenovo menetapkan standar baru dalam performa yang lebih tinggi dan juga cerdas untuk gaming”Lenovo AI Engine+ yang ditenagai oleh Lenovo LA AI chip mampu menerapkan algoritma software machine learning untuk menyesuaikan performa sistem secara optimal. Cip tersebut juga menggunakan software machine learning pada Lenovo Vantage, untuk membantu memantau FPS (frame per-second) dalam game dan menyesuaikan secara dinamis untuk menghasilkan kinerja tertinggi. Menawarkan TDP (Thermal Design Power) hingga 15% lebih tinggi, kombinasi software machine learning ini memungkinkan laptop seri Legion Pro menghadirkan kinerja yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Laptop Lenovo Legion Pro 7i, Lenovo Legion Pro 5 dan 5i juga hadir dengan Tobii Horizon, sebuah softwware gearless head-tracking yang mampu memberi pemain pengalaman imersif saat memainkan game favorit mereka yang juga dibantu dengan Tobii Aware. Lenovo Legion Pro 7i dan Lenovo Legion Pro 7  Lenovo Legion Pro 7i dan Lenovo Legion Pro 7 16-inci hadir dengan pilihan prosesor Intel Core Generasi ke-13 terbaru atau AMD Ryzen 7000 Series, dan pilihan GPU laptop hingga NVIDIA GeForce RTX 4000 Series.Untuk kestabilan suhu, sistem pendinginnya menggunakan teknologi ColdFront 5.0 dengan Hybrid Thermals yang dilengkapi pula dengan ruang Vapor Chamber yang lebih luas serta heat pipe hybrid.Dengannya prosesor akan tetap dingin dengan liquid metal infusion, yang memastikan tidak adanya throttling, sementara udara panas dikeluarkan melalui ventilasi pembuangan udara yang besar di bagian belakang dan samping sasis dengan total TDP 235W.

Sektor layar menggunakan teknologi PureSight Gaming Display dengan layar 16:10 WQXGA 2560x1600 Lenovo yang cepat dan tajam, mendukung variable refresh rate hingga 240Hz. Sementara pilihan baterai Super Rapid Charge hingga 99,99Whr menjadikannya sebagai kapasitas terbesar yang diizinkan untuk dibawa didalam pesawat, dan juga quick charging untuk pengisian daya cepat saat bermain di perjalanan. Semuanya ditutup dengan sasis all-metal yang tersedia dalam pilihan warna Onyx Grey.  Lenovo Legion Pro 5i dan Lenovo Legion Pro 5 Dua laptop ini hadir dengan desain stylish dan penuh tenaga, tersedia dengan pilihan prosesor hingga Intel Core Generasi ke-13 atau AMD Ryzen 7000 Series dan GPU Laptop hingga NVIDIA GeForce RTX 4070. Teknologi pendinginnya menggunakan teknologi ColdFront 5.0 yang menggunakan sistem pemasukan dan pembuangan udara yang besar, sistem kipas ganda, phase-change thermal compound, dan heat pipe hybrid untuk mengeluarkan lebih banyak udara panas melalui ventilasi pembuangan udara yang sangat efisien. Lenovo LA AI chip memantau beban CPU dan GPU untuk menyesuaikan secara dinamis dan menghasilkan performa yang lebih optimal. Chip Lenovo LA1 dapat diatur melalui Lenovo Vantage, memberikan kontrol penuh atas kipas, overclocking, dan fitur lain yang diperlukan untuk memanfaatkan total TGP 200W sepenuhnya untuk mengalahkan kompetisi.

Layarnya ditampilkan pada Lenovo PureSight Gaming Display 16-inci pada 16:10 WQXGA dengan variable refresh rate hingga 240Hz, sementara Lenovo Legion Spectrum 4-zone RGB TrueStrike keyboard memberikan pengalaman yang lebih imersif. Untuk tampilan yang lebih minimalis, TrueStrike keyboard juga tersedia dalam pilihan backlight warna putih. Lenovo Legion Pro 5 memiliki baterai Super Rapid Charge Pro 80Whr untuk beraktivitas di ruang kelas atau saat bepergian. Dengan bagian atas berbahan logam dan bagian bawah berbahan polimer, rangkaian laptop ini tersedia dengan pilihan warna Onyx Grey atau Abyss Blue.