Find Us On Social Media :

Canggih! Smartwatch ini Pakai Artificial Intelligence IBM Watson

By Adam Rizal, Senin, 9 Januari 2023 | 18:00 WIB

Citizen CZ Smart Terbaru

Citizen meluncurkan smartwatch CZ Smart terbaru yang mengunggulkan “self-care advisor” berbasis AI.

Jam tangan pintar (smartwatch) Citizen mengusung teknologi kecerdasan buatan (AI) dan aplikasi YouQ yang dibangun dengan IBM Watson Studio dan teknologi NASA untuk menunjukkan kepada pemakainya saat mereka tidak fokus atau kelelahan.

Aplikasi YouQ CZ Smart menggunakan neural network milik IBM untuk mempelajari “kronotipe” (waktu tidur dan bangun yang lebih disukai) pengguna selama periode tujuh hingga sepuluh hari, dengan memproses data tidur dan “alert scores”.

Alert scores sendiri adalah hasil dari tes monitor peringatan yang dibuat di Laboratorium Penanggulangan Kelelahan Ames Research Center.

Tes itu singkat dan dapat dilakukan setiap hari untuk mengukur kewaspadaan pemakainya seperti dikutip Engadget.

Dengan menggunakan data tersebut, aplikasi YouQ dapat mempelajari ritme dan kebiasaan unik pengguna. Aplikasi itu dapat menciptakan model pengenalan dinamis untuk merekomendasikan “Power Fixes,” atau tindakan dan aktivitas untuk membantu pemakainya mengurangi efek kelelahan, meningkatkan kewaspadaan, dan memperbanyak kebiasaan yang lebih baik. Seiring waktu, ini dapat meningkatkan personalisasi dan mungkin efektivitas Power Fixes untuk setiap orang.

Teknologi baru ini hanya tersedia pada smartwatch CZ Smart generasi kedua. Perangkat wearable ini hadir dalam model Sport 44 mm dan Casual 41 mm, dengan gelang jaring dan silikon.

Dari segi teknologi, smartwatch tersebut menawarkan layar AMOLED 1,3 inci, prosesor Snapdragon Wear 4100+ dengan penyimpanan 8 GB, dan fitur masa pakai baterai 24+ jam dengan pengisian cepat.

Dari segi sensor, terdapat giroskop, altimeter, barometer, akselerometer, sensor detak jantung, dan sensor cahaya sekitar. Produk itu sudah mengusung aplikasi kesehatan YouQ, Strava, YouTube Music, dan Amazon Alexa.

Sistem operasi yang digunakan Citizen CZ Smart adalah WearOS, dan berfungsi dengan perangkat iPhone atau Android. Harga untuk smartwatch ini adalah USD350 (Rp5,5 juta) untuk versi Casual dan USD375 (Rp5,9 juta) untuk versi Sport.