Find Us On Social Media :

Gartner: Pasar Teknologi Pengembangan Low-code Bertumbuh Tahun Ini

By Cakrawala, Senin, 9 Januari 2023 | 21:00 WIB

Gartner memprediksikan bahwa pasar teknologi pengembangan low-code di dunia akan bertumbuh signifikan pada tahun 2023 ini.

Gartner akhir tahun lalu telah membagikan prediksinya akan pasar teknologi pengembangan low-code di dunia. Gartner memprediksikan pasar teknologi pengembangan low-code global akan bertumbuh signifikan pada tahun 2023 ini. Gartner menyebutkan pertumbuhan itu didorong oleh meningkatnya business technologist di organisasi dan bertambahnya jumlah hiperautomasi yang enterprise-wide dan inisiatif bisnis yang composable di sana.

Tak hanya untuk tahun 2023, hal-hal itu pun diyakini Gartner akan mengakselerasi adopsi teknologi low-code sampai tahun 2026. Pasalnya, organisasi kini makin membutuhkan kecepatan dan kustomisasi, misalnya dalam pengembangan aplikasi, yang bisa dijawab oleh teknologi pengembangan low-code tersebut.

"Para organisasi makin banyak beralih ke teknologi pengembangan low-code untuk memenuhi permintaan yang bertumbuh akan penghantaran aplikasi yang cepat dan alur-alur kerja automasi yang sangat terkustomisasi," sebut Varsha Mehta (Senior Market Research Specialist, Gartner). "Melengkapi, baik pengembang TI profesional maupun persona non-TI — business technologist, dengan beragam perkakas low-code membolehkan organisasi untuk mencapai level dari kompetensi digital dan kecepatan penghantaran yang diperlukan pada lingkungan modern yang lincah," tambahnya.

Secara spesifik Gartner menyebutkan pasar teknologi pengembangan low-code di dunia diproyeksikan akan bertumbuh sekitar 19,6% pada tahun 2023 tatkala dibandingkan dengan tahun 2022. Besarnya pasar teknologi pengembangan low-code secara global pada tahun 2023 itu akan mencapai nilai sekitar US$26,9 miliar.

Gartner menambahkan, LCAP (low-code application platform) diprediksikan akan menjadi segmen terbesar pada pasar teknologi pengembangan low-code di dunia. Gartner memperkirakan LCAP akan mencapai nilai hampir sebesar US$10 miliar pada tahun 2023. Dibandingkan tahun 2022, LCAP diprediksikan akan bertumbuh sekitar 25% pada tahun 2023.

Namun, segmen dengan perkiraan pertumbuhan paling pesat pada tahun 2023 dibandignkan tahun 2022 adalah CADP (citizen automation development platform). Gartner memproyeksikan CADP akan bertumbuh sekitar 30,2% pada tahun ini dibandingkan tahun lalu. Adapun nilainya diprediksi akan mendekati US$1 miliar. Lebih lengkapnya mengenai nilai-nilai prediksi Gartner akan pasar teknologi pengembangan low-code bisa dilihat pada Tabel 1 berikut.

Tabel 1. Pendapatan teknologi pengembangan low-code (dalam juta dolar Amerika Serikat).