Find Us On Social Media :

IDC: Pengapalan PC Global Turun Signifikan pada Kuartal Keempat 2022

By Cakrawala, Jumat, 13 Januari 2023 | 16:00 WIB

Setelah pada tahun 2021 pengapalan PC secara global menjadi yang tertinggi sejak tahun 2012 lalu akibat pandemi COVID-19, pada tahun 2022 pengapalan PC mengalami penurunan. Begitu pula pada kuartal keempat tahun 2022 yang menurun signifikan dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu berhasil membuat pengapalan PC, tepatnya PC tradisional, di dunia mengalami peningkatan signifikan. Bahkan, jumlah PC tradisional yang dikapalkan secara global pada tahun 2021 itu diklaim IDC sebagai yang tertinggi sejak tahun 2012. Namun, belakangan pengapalan PC tradisional di dunia mengalami penurunan. IDC pun baru-baru ini menyebutkan, berdasarkan data awalnya, pengapalan PC tradisional secara global pada kuartal keempat tahun 2022 lalu menurun signifikan dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Begitu pula secara keseluruhan pada tahun 2022; pengapalan PC tradisional di dunia pada tahun 2022 menurun signifikan dibandingkan tahun 2021.

Adapun penyebabnya dinilai IDC adalah selesainya ledakan yang diakibatkan pandemi COVID-19. Seperti diketahui bersama, pandemi COVID-19 membuat banyak aktivitas yang menjadi dilakukan dari rumah, seperti bekerja dan belajar. Alhasil banyak anggota masyarakat dunia yang membeli PC tradisional baru untuk melakukan aktivitas tersebut. IDC pun menambahkan ke depannya tetap terdapat kekhawatiran akan permintaan terhadap PC tradisional secara global. Pasalnya, kini banyak anggota masyarakat dunia yang sudah memiliki PC baru dan kondisi ekonomi global diklaim memburuk. Dengan kata lain kemungkinan mereka melakukan upgrade adalah lebih rendah.

Meskipun begitu, IDC mengatakan bahwa banyak pihak yang menilai sebagian segmen dari pasar PC tradisional tersebut bisa kembali bertumbuh pada akhir tahun 2023 ini. Tak hanya itu, pada tahun 2024 diyakini pula pasar PC tradisional secara keseluruhan bisa kembali bertumbuh. Salah satu faktor yang bisa membuat pasar PC tradisional di dunia kembali bertumbuh pada masa depan, khususnya segmen komersial, adalah berakhirnya dukungan Microsoft Windows 10 yang kabarnya direncanakan pada tahun 2025. Sekadar informasi, PC tradisional didefinisikan oleh IDC mencakup desktop, laptop, dan workstation; serta dalam hal ini tidak mencakup komputer tablet dan server.

“Penurunan kuartal secara konsekutif jelas menggambarkan suatu gambaran yang suram bagi pasar PC, tetapi ini semua adalah mengenai persepsi,” ujar Ryan Reith (Group Vice President with IDC's Worldwide Mobility and Consumer Device Trackers). “Tahun 2021 adalah mendekati level bersejarah untuk pengapalan PC, jadi perbandingan apa pun [dengannya] akan terdistorsi. Tidak ada pertanyaan ketika kita melihat kembali ke waktu ini bahwa bangkit dan jatuhnya pasar PC akan menjadi salah satu untuk buku rekor, tetapi masih banyak peluang yang tersedia pada masa depan. Kami sungguh percaya bahwa pasar memiliki potensi untuk pulih pada tahun 2024 dan kami juga melihat kantong-kantong peluang sepanjang sisa tahun 2023,” tambahnya.

IDC menyebutkan bahwa pada kuartal keempat tahun 2022 pengapalan PC tradisional secara global mengalami penurunan sebesar 28,1% dibandingkan kuartal keempat tahun 2021. Adapun jumlah PC yang dikapalkan di dunia pada kuartal keempat tahun lalu itu adalah sebanyak 67,2 juta unit. Sementara, untuk sepanjang tahun 2022, terjadi penurunan sebanyak 16,5% dibandingkan sepanjang tahun 2021. Jumlah PC tradisional yang dikapalkan pada tahun 2022 secara keseluruhan sendiri adalah 292,3 juta unit.

Menariknya, IDC mengatakan jumlah PC tradisional yang dikapalkan pada kuartal keempat tahun 2022 tersebut menyerupai kuartal keempat tahun 2018 ketika pasar mengalami keterbatasan suplai dari Intel yang memiliki pangsa pasar prosesor terbesar untuk PC tradisional. Selain itu, pengapalan PC tradisional pada tahun 2022 secara keseluruhan juga masih lebih tinggi dari pengapalan PC tradisional sebelum pendemi COVID-19 terjadi.

Sementara, untuk vendor dengan pangsa pasar PC tradisional terbesar di dunia pada kuartal keempat tahun 2022 dan keseluruhan tahun 2022 adalah Lenovo, HP, Dell Technologies, Apple, ASUS. Pada kuartal keempat tahun 2022, masing-masing memiliki pangsa pasar sekitar 23%, 19,6%, 16,1%, 11,2%, dan 7,2%. Adapun untuk tahun 2022 secara keseluruhan masing-masing memiliki pangsa pasar sekitar 23,3%, 18,9%, 17%, 9,8%, 7%. Lebih lengkapnya bisa dilihat pada kedua tabel di bawah.

Pangsa pasar lima vendor teratas dari pengapalan PC global pada kuartal keempat tahun 2022 menurut IDC.

Pangsa pasar lima vendor teratas dari pengapalan PC global pada tahun 2022 berdasarkan data IDC.